Home > Ragam Berita > Internasional > Kim Jong-un Tunda Serangan ke Guam, Trump Puji Layangkan Pujian

Kim Jong-un Tunda Serangan ke Guam, Trump Puji Layangkan Pujian

Washington – Beberapa waktu lalu, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menunda serangan rudal ke guam, Amerika Serikat. Presiden Amerika Serikat Donald Trump melayangkan pujian terkait hal tersebut pada Rabu (16/8/2017). Sebab, keputusan tersebut sedikit meredakan ketegangan antara kedua negara.

Kim Jong-un Tunda Serangan ke Guam, Trump Puji Layangkan Pujian

Donald Trump

Korea Utara tidak merahasiakan rencananya untuk mengembangkan sebuah rudal yang mampu menembaki sebuah hulu ledak nuklir di Amerika Serikat. Rencana itu untuk melawan apa yang dirasakan oleh Korea Utara sebagai ancaman invasi AS secara terus-menerus.

Trump memperingatkan Korea Utara pekan lalu bahwa negara di Asia Timur itu akan menghadapi “api dan kemarahan” kalau mengancam Amerika Serikat. Pernyataan Trump mendorong Korea Utara mempertimbangkan rencana menembakkan rudal ke arah pulau yang berada di Samudra Pasifik itu.

Namun, media Korea Utara melaporkan pada Selasa (15/8) bahwa Kim telah menunda keputusan tersebut sembari menunggu langkah Amerika Serikat selanjutnya. “Kim Jong Un dari Korea Utara membuat keputusan yang sangat bijaksana dan beralasan,” Trump sebagaimana diberitakan Reuters pada Kamis (17/8/2017)

Ancaman Korea Utara meluncurkan ke Guam telah mendorong Trump untuk mengatakan bahwa senjata militer AS berada dalam posisi “dikunci dan dimuat” jika Korea Utara bertindak tidak bijaksana. Korea Utara telah lama mengabaikan peringatan dari Barat dan dari sekutu utamanya, Cina, untuk menghentikan uji coba nuklir dan rudal yang bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pabrik Kimia di Cina Meledak, Belasakan Orang Meninggal

Pabrik Kimia di Cina Meledak, Belasakan Orang Meninggal

Sichuan – Sebuah pabrik kimia di Cina dihantam ledakan mengakibatkan 19 orang tewas dan melukai ...