Home > Ragam Berita > Internasional > Perbatasan Arar Bakal Segera Dibuka untuk Perdagangan

Perbatasan Arar Bakal Segera Dibuka untuk Perdagangan

Arar – Arab Saudi dan Irak dikabarkan bakal membuka perbatasan Arar untuk perdagangan. Hal tersebut dilakukan setelah 27 tahun ditutup. Sebagaimana diketahui, perbatasan ini ditutup pada 1990. Hal tersebut terjadi negara-negara tersebut menghentika hubungan lantaran aksi militer Saddam Hussein ke Kuwait.

Perbatasan Arar Bakal Segera Dibuka untuk Perdagangan

Pejabat Saudi dan Irak berkeliling ke lokasi tersebut pada Senin waktu setempat dan berbicara dengan calon jamaah haji yang selama 27 tahun terakhir memiliki akses ke persimpangan hanya sekali setahun.

Gubernur provinsi Anbar Irak barat daya Sohaib al-Rawi mengatakan bahwa pemerintah Irak telah mengirim pasukan untuk melindungi rute padang pasir yang mengarah ke Arar dan menyerukan pembukaan perbatasan tersebut. Ini merupakan sebuah langkah signifikan untuk meningkatkan hubungan kedua negara.

“Ini merupakan awal yang bagus untuk kerja sama di masa depan antara Irak dan Saudia Arabia,” kata Sohaib al-Rawi sebagaimana diberitakan Middle East Monitor pada Kamis (15/8/2017).

Baca juga: Kim Jong-un Tunda Serangan ke Guam, Trump Puji Layangkan Pujian

Pengumuman tersebut menyusul keputusan kabinet Saudi untuk membentuk komisi perdagangan bersama dengan Irak.

Pembukaan penyeberangan perbatasan untuk perdagangan juga masuk dalam daftar yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Sadr memiliki banyak pengikut di kalangan kaum miskin kota Baghdad dan Irak selatan dan merupakan satu dari sedikit pemimpin Syi’ah Irak yang tidak jauh dari Teheran. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kanada Dikabakan Segera Lakukan Penjualan Ganja Secara Bebas

Kanada Dikabakan Segera Lakukan Penjualan Ganja Secara Bebas

Ottawa – Kanada menjadi negara kedua setelah Uruguay yang mengizinkan penjualan ganja untuk alasan rekreasional ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135