Home > Ragam Berita > Internasional > ISIS Bertanggung Jawab Terkait Teror di Barcelona

ISIS Bertanggung Jawab Terkait Teror di Barcelona

Barcelona – Kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) menyatakan bertanggung jawab terkait dengan insiden di Barcelona. Sebagaimana diketahui, sebuah mobil van melaju ke tengah kerumunan dan menewaskan 13 orang di Barcelona, Spanyol.

ISIS Bertanggung Jawab Terkait Teror di Barcelona

“Pelaku serangan Barcelona adalah tentara ISIS dan melakukan operasi itu sebagai respons atas seruan untuk menargetkan negara-negara koalisi,” tulis media ISIS sebagaimana diberitakan AFP pada Jumat (18/8/2017).

Sebutan “koalisi” tidak lain adalah koalisi internasional yang dipimpin Amerika Serikat dalam melawan kelompok teroris ISIS tersebut, baik di Irak maupun di Suriah.

Spanyol merupakan salah satu negara yang terlibat dalam operasi militer koalisi AS. Spanyol mengirim beberapa ratus tentara ke Irak untuk melatih pasukan lokal dalam memerangi ISIS, namun tidak terlibat dalam operasi darat.

Klaim ISIS tersebut tidak bisa segera diverifikasi, seperti dilaporkan kantor berita AFP. Jika keterlibatan ISIS terkonfirmasi, ini akan menjadi yang terbaru dari serangkaian serangan dalam 13 bulan terakhir di mana ISIS menggunakan kendaraan untuk membantai warga di kota-kota Eropa.

Sementara itu, modus operasi yang dilakukan dengan menggunakan kendaraan itu sudah pernah terjadi sebelumnya di Nice, Berlin, London, dan Stockholm yang menewaskan total lebih dari 100 orang. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pabrik Kimia di Cina Meledak, Belasakan Orang Meninggal

Pabrik Kimia di Cina Meledak, Belasakan Orang Meninggal

Sichuan – Sebuah pabrik kimia di Cina dihantam ledakan mengakibatkan 19 orang tewas dan melukai ...