Jakarta – Siapa sangka mantan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri bertemu dan saling bertegur sapa? hal ini terjadi saat mereka bertemu di peringatan HUT RI ke 71 di Istana Merdeka.

SBY dan Megawati Bertemu, PPP : "Bukti Pendewasaan Demokrasi"

Jawapos mengabarkan bahwa Achmad Baidowi selaku Wasekjen PPP berkomentar, “Momen langka terjadi pada peringatan HUT RI ke-72 di Istana. Karena dalam beberapa tahun terakhir sulit menemukannya,”

Kata dia, momen tersebut tercipta di era kepemimpinan Joko Widodo. Itu katanya membuktikan pola komunikasi Jokowi yang efektif sehingga bisa mempertemukan dua mantan presiden.

Pertemuan tersebut, katanya tidak sekedar pertemuan antar dua presiden beda zaman atau dua ketum parpol. Namun ada makna simbolik yang terkandung.

“Bahwa kebekuan komunikasi itu mulai mencair. Ini sekaligus sebagai bukti pendewasaan demokrasi,” jelas pria yang akrab disapa Awiek itu.

Sementara legislator asal Madura itu berharap, pertemuan Megawati yang notabene Presiden kelima dan ketua umum PDI Perjuangan dengan SBY sebagai presiden keenam serta ketum Partai Demokrat, menjadi contoh positif bagi generasi muda kedepan.

“Bahwa perbedaan itu adalah rahmat dari Allah SWT yang tak perlu selalu dipertentangkan antara satu dengan lainnya,” pungkas Awiek.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)