Home > Ragam Berita > Internasional > USS Indianapolis Berhasil Ditemukan di Kedalaman 18 Ribu Kaki

USS Indianapolis Berhasil Ditemukan di Kedalaman 18 Ribu Kaki

Hawaii – USS Indianapolis menjadi salah satu kapal yang tenggelam karena hantaman torpedo Jepang. Kapal tersebut pun dikabarkan karam beberapa hari sebelum Perang Dunia Kedua berakhir. Kini beberapa peneliti telah berhasil menemukan bangkai Kapal tersebut. Letaknya di 18 ribu kaki atau 5,5 kilometer di bawah permukaan Samudera Pasifik.

USS Indianapolis Berhasil Ditemukan di Kedalaman 18 Ribu Kaki

USS Indianapolis

Dalam Perang Dunia Kedua, kapal penjelajah tersebut memiliki misi menyalurkan komponen bom atom yang bakal dijatuhkan di Kota Hiroshima, Jepang. Namun, dia tenggelam di Laut Pasifik Utara pada 30 Juli 1945.

Nah, pada 2016, seorang sejarawan Angkatan Laut mendapatkan informasi anyar. Tim peneliti pimpinan Paul Allen, pendiri Microsoft Corp, melakukan penelitian di di area seluas 600 mil persegi atau 1500 kilometer persegi tersebut.

USS Indianapolis Berhasil Ditemukan di Kedalaman 18 Ribu Kaki

Dengan menggunakan kapal yang lengkap dengan peralatan, mereka sukses mencapai dasar laut terdalam tersebut. Hasilnya, anggota tim Allen mendapati lokasi reruntuhan kapal itu pada Jumat (18/8/2017). Namun, angkatan Laut meminta Allen merahasiakan lokasi itu.

Baca juga: Perdana Menteri Irak : ISIS Bisa Menyerah atau Mati

“Sementara pencarian kami untuk sisa reruntuhan akan berlanjut, saya harap semua orang yang terhubung dengan kapal bersejarah ini akan merasakan nilai penemuan ini,” kata Allen sebagaimana diberitakan Reuters pada Senin (21/8/2017).

Angkatan Laut mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk menghormati 22 orang yang selamat dari kapal Indianapolis yang masih hidup bersama keluarga kru kapal tersebut. Identifikasi kapal ini lebih mudah karena beberapa reruntuhan masih menyisakan ciri Indianapolis. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kanada Dikabakan Segera Lakukan Penjualan Ganja Secara Bebas

Kanada Dikabakan Segera Lakukan Penjualan Ganja Secara Bebas

Ottawa – Kanada menjadi negara kedua setelah Uruguay yang mengizinkan penjualan ganja untuk alasan rekreasional ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135