Home > Ragam Berita > Nasional > Mendagri Tegaskan Ada Kendala Dalam Pelayanan Tertentu Dalam Pembuatan E-KTP

Mendagri Tegaskan Ada Kendala Dalam Pelayanan Tertentu Dalam Pembuatan E-KTP

Jakarta – Belum lama ini, warga dibeberapa daerah mengeluhkan sulitnya membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Hal tersebut pun segera ditanggapi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Mendagri Tegaskan Ada Kendala Dalam Pelayanan Tertentu Dalam Pembuatan E-KTP

Kementerian Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

“Terkait masih adanya pengaduan masyarakat yang mengeluhkan betapa susahnya pembuatan KTP elektronik di beberapa daerah, kami ingin menjelaskan bahwa dalam melayani 261 juta penduduk sejak membuat akta lahir sampai akta kematian, memang benar di daerah-daerah tertentu masih dijumpai kendala,” kata Tjahjo di Jakarta pada Senin (21/8/2017).

Tjahjo menjelaskan, memang ada kendala dalam pelayanan administrasi kependudukan. Misalnya, jarak yang jauh, jaringan komunikasi tidak stabil, dan peralatan perekaman rusak.

Menurut dia, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil hingga tingkat daerah kini terus melakukan perbaikan. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalkan kendala dalam pelayanan pengurusan e-KTP.

Di daerah di mana jarak menjadi kendala, Kementerian Dalam Negeri telah mengarahkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Daerah untuk menjemput bola dalam melayani pengurusan KTP-e untuk memudahkan warga.

“Dinas Dukcapil akan melayani permintaan dari instansi RT/RW, desa/kelurahan, untuk jemput bola yang disepakati waktunya,” jelas dia.

Guna mengatasi kendala jaringan telekomunikasi, PT Telkom sedang menanganinya dan selanjutnya pemerintah mengupayakan penerbitan Peraturan Presiden mengenai penugasan penanganan masalah jaringan.

x

Check Also

Deddy Mizwar Optimis Jokowi-Ma'ruf Bakal Menang di Jawa Barat

Deddy Mizwar Optimis Jokowi-Ma’ruf Bakal Menang di Jawa Barat

Jakarta – Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin Deddy Mizwar mengaku sangat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135