Home > Ragam Berita > Nasional > Persediaan Hewan Kurban di DIY Menjelang Idul Adha 2017 Masih Mencukupi

Persediaan Hewan Kurban di DIY Menjelang Idul Adha 2017 Masih Mencukupi

Yogyakarta – Persediaan hewan kurban di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 1 September 2017 mendatang masih mencukupi.

Persediaan Hewan Kurban di DIY Menjelang Idul Adha 2017 Masih Mencukupi

Menurut Kepala Bagian Analisis Kebijakan Produktivitas Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda DIY, Deden Rohanawati, stok hewan kurban di tiga kabupaten, yakni Sleman, Bantul, dan Gunungkidul, masih aman.

“Insyaallah masih bisa memenuhi untuk kebutuhan kurban,” kata Dede di sela pemantauan hewan kurban di Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta pada Senin (21/8/2017).

Deden mengaku proses penghitungan rinci kebutuhan hewan kurban di DIY masih dilakukan.

Secara terpisah, Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian DIY, Anung Endah, mengungkapkan bahwa pada 2016 lalu jumlah kurban sapi tercatat mencapai 18 ribu sapi, yang tersebar di tujuh ribu titik.

“Kami perkirakan tahun ini juga akan meningkat,” tutur Anung Endah.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengataka, jumlah sapi dewasa di Gunung Kidul yang siap dikurbankan mencapai 10.147 dari populasi 150.331 ekor sapi. Sedangkan, jumlah kambing dewasa mencapai 20 ribu ekor dari total populasi 182.048 ekor kambing.

“Jumlah hewan-hewan itu tersebar di 18 kecamatan di Gunung Kidul. Stok hewan kurban di Gunung Kidul mencukupi,” ucapnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ridwan Kamil Menolak Dipasangkan Dengan Desy Ratnasari

Ridwan Kamil Menolak Dipasangkan Dengan Desy Ratnasari

Bandung – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, sudah menyatakan diri siap untuk bertarung dalam Pemilihan ...