Home > Ragam Berita > Nasional > Polisi Bongkar Jaringan Penyebar Kebencian Saracen

Polisi Bongkar Jaringan Penyebar Kebencian Saracen

Jakarta – Kepolisian dari tim Satgas Patroli Siber Bareskrim Polri berhasil membongkar jaringan penyebar kebencian bernuansa SARA yang menamakan diri kelompok Saracen.

Polisi Bongkar Jaringan Penyebar Kebencian Saracen

Tiga orang ditangkap di tempat yangberbeda, yakni JAS (32) yang ditangkap di Pekanbaru, Riau, SRN (32) ditangkap di Cianjur, Jawa Barat, serta MFT (43) yang ditangkap di Koja, Jakarta Utara.

“Mereka menyediakan jasa penyebaran ujaran kebencian yang bermuatan SARA maupun hoax melalui media sosial, mereka menamakan kelompok Saracen,” ujar Kasubdit 1 Dit Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Pol Irwan Anwar dalam rilis di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2017).

Sedangkan menurut Kasubbag Ops Satgas Patroli Siber, AKBP Susatyo Purnomo, kelompok Saracen ini sudah mulai melakukan aksinya sejak November 2015.

“Kelompok Saracen memiliki struktur sebagaimana layaknya organisasi pada umumnya,” jelas Susatyo Purnomo.

Dari ketiga tersangka polisi juga menyita sejumlah barang bukti.

Barang bukti yang disita dari JAS yakni 50 simcard berbagai operator, 5 hardisk CPU dan 1 HD laptop, 4 handphone, 5 flashdisk, dan 2 memory card.

Dari SRN polisi menyita barang bukti berupa 1 HP Lenovo, 1 memory card, 5 simcard, dan 1 flashdisk.

Sedangkan barang bukti yang disita dari MFT meliputi 1 laptop + hardisk, 1 HP Asus 2R3, 1 HP Nokia, 3 simcard, dan 1 memory card.

Tersangka MFT dan SRN dijerat dengan Pasal 45A Ayat 2 jo Pasal 28 Ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU ITE dengan ancaman 6 tahun penjara dan atau Pasal 45 Ayat 3 jo Pasal 27 Ayat 3 UU ITE dengan ancaman 4 tahun penjara.

Sedangkan JAS dipersangkakan melakukan tindak pidana akses ilegal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46 Ayat 2 jo Pasal 30 Ayat 2 dan atau Pasal 46 Ayat 1 jo Pasal 30 Ayat 1 UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 dengan ancaman 7 tahun penjara.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

TKN Jokowi-Ma'ruf Kritik Prabowo Yang Dinilai Selalu Pakai Bahasa Negatif

TKN Jokowi-Ma’ruf Kritik Prabowo Yang Dinilai Selalu Pakai Bahasa Negatif

Jakarta – Prabowo Subianto kali ini menyatakan bahwa mimpi untuk mengembalikan kejayaan Indonesia luntur oleh ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135