Home > Ragam Berita > Nasional > Johan Budi Tegaskan Presiden Imbau Polri Tuntaskan Kasus Saracen

Johan Budi Tegaskan Presiden Imbau Polri Tuntaskan Kasus Saracen

Jakarta – Pemerintah mengapresiasi Polri yang telah berhasil mengungkap kasus kelompok Saracen yang menyebarkan ujaran kebencian dan fitnah serta isu Suku, Ras, Agama dan Antar-golongan (SARA) di media sosial (sosial).

Johan Budi Tegaskan Presiden Imbau Polri Tuntaskan Kasus Saracen

Staf Khusus Bidang Komunikasi Presiden Johan Budi Sapta Prabowo mengatakan, modus kejahatan yang digunakan kelompok Saracen dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Sebab itu, ia meminta polisi untuk mengusut tuntas kasus tersebut sampai ke akar-akarnya.

“‎Pertama kita perlu apresiasi kepada Polri. Apa yang sudah dilakukan Polri terkait terkuaknya, kalau dari penjelasan Polri kan tukang membuat fitnah melalui media sosial. Ini tentu tidak hanya terkait dengan UU ITE dan sejenisnya, tapi ini tentu bisa merusak persatan dan kesatuan bangsa kalau ini dibiarkan. Karena itu Polri harus mengusut tuntas sampai ke akar-akarnya,” katanya pada Jumat (25/8/2017).

‎Johan Budi menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengimbau agar masyarakat dapat mempergunakan medsos secara santun. Menurut dia, Kepala Negara telah meminta agar medsos tida dipakai untuk wadah saling menghina dan menghujat antar-sesama bangsa Indonesia.

“‎Karena kita itu bersaudara. Kalau pesan Presiden kan itu. Terutama kepada kaum muda,” pungkasnya.

Baca juga: Dalami Kasus BLBI, KPK Jadwalkan Pemeriksaan Dua Saksi

‎Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Patroli Siber Direktorat Siber Bareskrim Polri berhasil mengungkap sindikat penyebar kebencian yang mengunakan sarana media sosial.

Kasubdit 1 Dit Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Irwan Anwar mengatakan, sindikat penyebar kebencian itu diketahui berkelompok dan bernama Saracen.

“Mereka menyediakan jasa penyebaran (hate speech) yang bermuatan SARA maupun hoax melalui media sosial, mereka menamakan kelompok Saracen‎,” katanya kemarin. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Amien Rais Minta Tito Karnavian Dicopot Karena Merasa Tidak Dihargai ?

Amien Rais Minta Tito Karnavian Dicopot Karena Merasa Tidak Dihargai?

Jakarta – Ziyad Falahi kali ini ungkapkan penilaiannya terkait pernyataan Amien Rais yang meminta Presiden ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135