Home > Ragam Berita > Nasional > Sumba Barat Daya Diguncang Gempa Berkekuatan 4.4 SR

Sumba Barat Daya Diguncang Gempa Berkekuatan 4.4 SR

Kupang – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang, Jumat melaporkan bahwa gempa magnitudo berkekuatan 4.4 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Gempa tersebut terjadi pada Jumat (25/8/2017) pukul 11.07.20 WITA.

Sumba Barat Daya Diguncang Gempa Berkekuatan 4.4 SR

Gempa tersebut terjadi dengan episentrum terletak pada 11.19 Lintang Selatan (LS) dan 118.11 Bujur Timur (BT). Menurut dia, gempa tersebut terjadi pada 216 km Barat Daya, Sumba Barat Daya pada kedalaman 33 kilo meter.

Kepala BMKG Kupang Hasanuddin mengatakan, sejauh ini belum ada laporan mengenai dampak akibat gempa tersebut, namun masyarakat diminta tetap waspada.

Selain itu, Hassanudin menambahkan, wilayah NTT, umumnya dikelilingi daerah tektonik, dan diselatan terdapat zona subduksi sehingga membuat daerah itu sering dilanda gempa.

Selain itu, di sekitar kepulauan NTT banyak sekali sesar atau patahan aktif yang mengakibatkan juga sering terjadi gempa di wilayah perairan laut maupun daratan, katanya.

Sementara itu, daerah-daerah yang hampir setiap hari dilanda gempa bumi adalah wilayah-wilayah di Pulau Sumba, Pulau Timor dan Manggarai Barat di Pulau Flores. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Fahri Hamzah Curiga Pemerintah Hanya Modal Stempel Untuk Mobil Esemka

Fahri Hamzah Curiga Pemerintah Hanya Modal Stempel Untuk Mobil Esemka

Jakarta – Fadli Zon selaku Wakil Ketua DPR RI kali ini ikut berkomentar mengenai persoalan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135