Home > Ragam Berita > Nasional > Kelompok Saracen Sudah Menggelar Aksinya Sejak 2015

Kelompok Saracen Sudah Menggelar Aksinya Sejak 2015

Jakarta – Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono selaku Kepala Bagian Mitra Divisi Hubungan Masyarakat Polri akhirnya menyatakan bahwa penyidik menemukan adanya proposal penawaran paket untuk menyebarkan ujaran kebencian dan hoax oleh kelompok Saracen.

Kelompok Saracen Sudah Menggelar Aksinya Sejak 2015

Berarti jika sudah ada proposal yang disiapkan oleh pelaku, diduga ada pihak yang memesan. Untuk mencari pihak yang memesan atau ke mana saja proposal ini ditawarkan, penyidik masih menelusurinya.

Saat ditemui di Mabes Polri, dirinya berkata “Masih proses kami sidik dan ini berjalan. Kami temukan itu, kami temukan proposal itu. Patut diduga ada pihak-pihak yang tentunya orang bikin proposal kan mesti untuk siapa, ke mana, ini kan perlu diselidiki,”

Bahkan kelompok ini sudah menawarkan detail paket dengan harga sekitar Rp72 Juta. Angka tersebut untuk paket pembuatan website Rp15 juta, untuk membayar 15 orang buzzer Rp45 juta dan untuk ketua kelompok Saracen JAS, Rp10 juta.

“Info dari Kasubdit satu sih sekitar Rp72 juta per paket. Pembuatan website-nya per bulan Rp15 juta. Kemudian untuk buzzer-nya 15 orang Rp45 juta, terus si JAS sendiri minta bayar Rp10 juta dan lainnya,” ujar Awi.

Kelompok Saracen ini sudah menjalankan aksinya dari 2015. Mereka menyebarkan ujaran kebencian dan hoax berdasarkan pesanan. Petugas membekuk tiga tersangka yang juga pengurus dari grup Saracen. Di antaranya, pria berinisial MFT (43) ditangkap di Koja, Jakarta Utara, 21 Juli 2017 dan pria berinisial JAS (32) ditangkap di Pekanbaru, Riau, 7 Agustus 2017. Tersangka ketiga seorang wanita berinisial SRN (32), ditangkap di Cianjur, Jawa Barat, 5 Agustus 2017.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Fahri Hamzah Curiga Pemerintah Hanya Modal Stempel Untuk Mobil Esemka

Fahri Hamzah Curiga Pemerintah Hanya Modal Stempel Untuk Mobil Esemka

Jakarta – Fadli Zon selaku Wakil Ketua DPR RI kali ini ikut berkomentar mengenai persoalan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135