Home > Ragam Berita > Nasional > Efek Saracen, Masyarakat Harus Waspada

Efek Saracen, Masyarakat Harus Waspada

Jakarta – Abdul Kharis Almasyhari selaku Ketua Komisi Informasi Dewan Perwakilan Rakyat meminta masyarakat waspada dalam berselancar di dunia maya usai tertangkapnya kelompok Saracen.

Efek Saracen, Masyarakat Harus Waspada

Ia memberikan pernyataan tertulis dimana berisi, “Saya yakin masih banyak kelompok-kelompok seperti Saracen yang belum tersentuh, apalagi menjelang Pilkada 2018 dan Pemiu 2019.”

Selanjutnya, ia pun meminta kepolisian memberantas kelompok ini. “Mereka harus diberantas dengan tegas sampai ke aktor intelektual yang ada di belakangnya,” ujarnya.

DPR, kata Abdul Kharis, meminta pemerintah menindak penyebar konten negatif. Ia juga meminta Komisi Penyiaran Indonesia, Komisi Informasi Pusat, dan Dewan Pers segera melakukan peningkatan literasi media. Ia pun mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dan mengecek kembali setiap informasi di media sosial dan media massa.

Sebelumnya, Bareskrim Polri menangkap tiga orang dari kelompok Saracen. Polisi menyebut kelompok ini memiliki keahlian untuk mencaplok akun media sosial hingga membaca situasi pemberitaan.

Kepolisian menyebut jaringan kelompok Saracen berjumlah lebih dari 800 ribu akun. Wakil Ketua Komisi I Meutya Hafid mengapresiasi kerja kepolisian untuk menangkap kelompok Saracen. Menurut dia, kejahatan jenis ini tidak kasat mata. “Kejahatan ini biasanya berjaringan, sehingga penangkapan Saracen dapat menjadi pintu masuk Polri mengungkap jaringan-jaringan lainnya, kata Meutya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Presiden Jokowi : "Pandai-Pandailah Memilih Pemimpin"

Presiden Jokowi : “Pandai-Pandailah Memilih Pemimpin”

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui menghadiri acara Haflah Khataman Al Quran dan Haul ...