Home > Ragam Berita > Nasional > Jelang Idul Adha 1438 H, Simak Cara Aman Beli Hewan Kurban

Jelang Idul Adha 1438 H, Simak Cara Aman Beli Hewan Kurban

Jakarta – Menjamurnya pedagang musiman menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 H yang akan jatuh pada tanggal 1 September mendatang membuat masyarakat semakin was-was. Bahkan saat ini setiap sudut ruas jalan kerapkali menjumpai pedagang hewan kurban yang dijual untuk di kurbankan nanti.

Jelang Idul Adha 1438 H, Simak Cara Aman Beli Hewan Kurban

Jelang Idul Adha 1438 H, Simak Cara Aman Beli Hewan Kurban

Oleh karena itu, Kepala Dinas kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) Dki Jakarta, Djarmuni, menghimbau kepada seluruh masyarakat lebih teliti membeli hewan kurban. Djarmuni juag berpesan agar masyarakat membeli hewan kurban di tempat-tempat yang terdapat stiker dari Dinas KPKP.

Pasalnya tempat penampungan hewan kurban yang terdapat stikernya, sudah dinyatakan lolos verifikasi pemeriksaan hewan oleh pemerintah.

“Saya imbau kepada masayrakat, kalau mau membeli hewan kurban, belilah di tempat yang sudah kami periksa kesehatan hewannya. Itu tandanya ada stiker yang diberikan oleh Dinas,” kata Djarmuni, Jumat (25/08/2017).

Baca juga : Jelang Idul Adha, Harga Sapi Antara Rp 14-16 Juta Per Ekor

Djarmuni mengatakan bahwa dengan adanya stiker yang diberikan itu menandakan bahwa Dinas KPKP sudah memberikan jaminan hewan kurban yang dijual pedagang tersebut telah memenuhi persyaratan kesehatan.

Ia menambahkan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan belum ditemukan hewan kurban yang terkena penyakit berbahaya. Namun, ia menemukan hewan yang tidak sesuai dengan standar kurban seperti sakit mata, kurang umur, cacat, dan sebagainya. Hewan-hewan tersebut di minta untuk tidak dijual atau diedarkan kepada masyarakat.

“Hingga hari ini, hewan yang sakitnya tidak berbahaya berjumlah 84 ekor. Tapi hari ini, saya yakin sudah bertambah, bisa 100 lebih,” jelasnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Mobilnya Diduga Dibakar Orang Tak Dikenal, Ini Reaksi Neno Warisman

Mobilnya Diduga Dibakar Orang Tak Dikenal, Ini Reaksi Neno Warisman

Jakarta – Mobil Xenia warna hitam milik aktivis gerakan #2019GantiPresiden, Neno Warisman, terbakar pada Rabu ...