Home > Gaya Hidup > Anak Tersedak Duri Ikan? Tidak Perlu Panik, Ini Yang Bisa Dilakukan

Anak Tersedak Duri Ikan? Tidak Perlu Panik, Ini Yang Bisa Dilakukan

Jakarta – Kejadian anak tersedak duri ikan mungkin pernah dialami oleh setiap orang tua, dan biasanya mereka menyarankan agar sang anak menelan nasi bulat-bulat atau mengangkat kedua tangannya ke atas.

Anak Tersedak Duri Ikan? Tidak Perlu Panik, Ini Yang Bisa Dilakukan

Menurut Dr dr Ariani Dewi Widodo SpA(K) dari Rumah Sakit Anak & Bunda (RSAB) Harapan Kita, mengangkat tangan atau menelan nasi adalah tindakan yang salah karena orang tua tidak tahu apakah duri ikan tersangkut di kerongkongan atau di saluran pernafasan (tenggorokan).

“Jika anak tertelan duri terus ada anjuran mengangkat tangan atau makan nasi kepal bulat-bulat itu salah. Karena kita nggak tahu nyangkut di kerongkongan (saluran pencernaan) atau tenggorokan (saluran pernapasan),” kata Dr dr Ariani Dewi.

dr Ariani menambahkan, sebenarnya duri ikan yang menyangkut akan turun dengan sendirinya bila sang anak makan dengan normal. Namun bila ternyata duri tidak juga turun dan terasa sakit maka sang anak bisa dibawa ke dokter.

“Biasanya nanti dilihat posisinya menancap miring atau lurus. Kalau tersangkut di pencernaan bisa ke dokter gastrointestinal (pencernaan). Kalau ternyata nyangkut di rongga pernapasan, diperiksa dengan alat bronkoskopi untuk melihat posisi duri dalam bronkus,” papar dr Ariani.

“Intinya nggak usah panik tetap makan, kalau ada keluhan segera periksakan ke dokter,” pungkasnya.

Sedangkan dr Agus Subagio, SpTHT dari RS Puri Indah Jakarta menyarankan agar anak yang tersedak diberi pertolongan pertama Heimlich Maneuver.

Caranya, si penolong berdiri di belakang anak yang tersedak. Kedua tangan penolong dilingkarkan di atas perut anak yang tersedak, dengan posisi tangan kanan mengepal, sementara tangan kiri menggenggam tangan kanan.

Lalu hentakkan ke arah atas supaya terjadi tekanan dari rongga perut dan rongga dada yang membuat makanannya keluar. Hentakan dilakukan sebanyak lima kali. Jika makanan tidak keluar saat itu juga, manuver sebaiknya diulangi sekali lagi.

Atau bisa juga dengan memukul punggung urang yang tersedak dengan menggunakan tangan dengan harapan makanan dapat keluar.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Kecanduan Game Kini Dikategorikan Sebagai Gangguan Mental

Kecanduan Game Kini Dikategorikan Sebagai Gangguan Mental

Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini resmi memasukkan kecanduan game atau game disorder sebagai ...