Home > Teknologi > Sains > Peneliti Lakukan Riset Cara Menghapus Ketakutan Pada Otak Manusia

Peneliti Lakukan Riset Cara Menghapus Ketakutan Pada Otak Manusia

Jakarta – Baru-baru ini ditemukan penelitian tentang cara menghapus memori manusia yang dianggap tidak berguna seperti pengalaman traumatis, ketakutan, dan kecemasan.

Peneliti Lakukan Riset Cara Menghapus Ketakutan Pada Otak Manusia

Ilustrasi

Penemuan itu berhasil diperoleh dari hasil riset yang dilakukan oleh Jun-Hyeong-Cho, seorang asisten profesor neurologi di University of California, Riverside. Hasil riset tersebut adalah memberi tanda bahwa keinginan untuk menghapus memori bisa jadi kenyataan.

Cho dan koleganya, Woong Bin Kim, melakukan penelitian tersebut pada seekor tikud yang telah direkayasa genetikanya. Dengan tikus itu, keduanya bisa merunut jalannya sinyal dari area otak yang memproses suara sampai ke amygdala.

Amygdala sendiri adalah bagian yang berfungsi merekam pengalaman emosional, seperti rasa takut, cinta, cemas dan benci.

“Tikus itu istimewa karena bisa menandai jalur sinyal ke amygdala sehingga kita bisa tahu perubahan ketika tikus takut dengan suara tertentu,” kata Cho, Minggu (27/08/2017).

Baca juga : Piawai Menulis Berita Palsu, Penjual Telur Ini Menikmati Pundi Kekayaan

Jalur di sini seperti saluran telepon. Tiap saluran membawa pesan tertentu. Bedanya, bukan ke telinga manusia tapi ke amygdala.

Dalam eksperimen awal, tikus diekspos dengan suara bernada tinggi yang disertai setrum pada kaki serta suara dengan nada rendah. Cho melihat ikatan sel saraf pada jalur sinyal yang mengantarkan ‘pesan’ nada tinggi menjadi lebih kuat.

Sebaliknya, jalur yang mengantarkan nada rendah tak berubah. Ketika tikus berulang kali diekspos dengan suara nada tinggi tanpa setrum kaki, tikus ternyata tidak menunjukkan ekspresi ketakutan.

“Ini benar-benar bisa menghapus ingatan. Kami tak melihat kembalinya rasa takut,” jelasnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Iklan Restoran Cepat Saji Ini Dinilai Telah Melecehkan Perempuan

Iklan Restoran Cepat Saji Ini Dinilai Telah Melecehkan Perempuan

Jakarta – Burger King Rusia akhirnya meminta maaf terkait iklan mereka yang mengatakan akan memberikan ...