Silverstone – Pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, berhasil menapaki kakinya di podium tiga gelaran MotoGP 2017. Meski gagal menjadi juara, rider berkebangsaan Italia itu tetap senang dengan hasil balapan yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (27/8/2017) malam WIB.

Hanya Raih Podium Ketiga, Rossi Tetap Merasa Puas

Valentino Rossi

Rossi sejatinya memiliki peluang besar untuk menjadi juara MotoGP Inggris 2017. Pasalnya, The Doctor –julukan Rossi– mampu memimpin jalannya balapan sejak lap pertama.

Sayang, memasuki lap 18, Rossi harus menyerahkan posisi puncak kepada Andrea Dovizioso (Ducati Corse) yang tampil luar biasa di Silverstone. Selang beberapa saat, giliran Maverick Vinales (Movistar Yamaha) yang menyalip Rossi.

“Saya sangat bahagia karena target saya adalah tiba di podium. Setelah balapan yang luar biasa saya sudah menampilkan yang maksimal mulai dari awal hingga akhir,” ujar Rossi sebagaimana diberitakan Crash pada Senin (28/8/2017).

“Kami tahu di akhir balapan kami mengalami sedikit masalah. Maverick menggunakan ban belakang dengan tipe lembut dan lebih cepat daripada saya di akhir balapan. Saya membalap dengan baik dan ini adalah hasil yang bagus,” terang rider 38 tahun itu.

Dengan hasil ini, Rossi masih bertengger di posisi empat klasemen sementara pembalap dengan raihan 157 poin. Sementara itu, kemenangan yang diraih Dovizioso berhasil menempatkannya sebagai pemimpin klasemen sementara dengan 183 angka.

Dovizioso sukses mengudeta posisi puncak yang sebelumnya menjadi milik Marc Marquez (Repsol Honda). Namun, Marquez gagal mempertahankan posisinya setelah tidak dapat menuntaskan balapan MotoGP Inggris karena masalah mesin. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)