Washington – Media penyimpanan harddisk dan solid state drive (SSD) di komputer biasanya berbentuk standar dengan ukuran sesuai ruang bay 2,5 inci atau 3,5 inci. Tapi SSD anyar yang baru saja diperkenalkan oleh Intel justru mengusung bentuk berbeda.

Wow, SSD Keluaran Intel Ini Berbentuk Unik

Perangkat tersebut memiliki form factor memanjang serupa penggaris, tapi sedikit lebih tebal. Namanya pun dinobatkan sebagai Ruler. Bentuk mirip penggaris diklaim bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan dengan menghemat ruang fisik, sambil mengonsumsi daya dan pendinginan yang lebih sedikit dibanding SSD konvensional.

Sebagaimana diberitakan Engadget pada Minggu (27/8/2017), dengan bentuknya yang ramping dan memanjang, SSD penggaris Intel juga bisa dipasang dengan mudah di rak-rak komputer server yang umum digunakan di lingkungan enterprise.

Dengan cara ini, kapasitas penyimpanannya bisa ditingkatkan hingga mencapai 1 petabyte atau 1.000 gigabyte per server 1U. Intel mengklaim kapasitas tersebut cukup untuk menyimpan 300.000 buah film HD.

Tapi sang penggaris belum tersedia dalam bentuk produk jadi karena Intel baru sekadar memberikan “teaser” tentang perangkat terkait. Spesifikasi-spesifikasi detil seperti dimensi fisik dan jenis konektor akan diumumkan di kemudian waktu.

SSD Optane dan 3D NAND SSD besutan Intel rencananya akan dibuat dalam bentuk penggaris ini. Jadwal kemunculan resminya di pasaran belum diketahui. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)