Home > Ragam Berita > Ekonomi > Ketegasan JK Terkait Kontrak Freeport

Ketegasan JK Terkait Kontrak Freeport

Jakarta – Jusuf Kalla (JK) kembali membicarakan proses negosiasi perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia (PTFI) yang kini masih berjalan.

Ketegasan JK Terkait Kontrak Freeport

Saat mengisi kuliah umum kepada Peserta PPRA LVI dan PPSA XXI Tahun 2017 Lemhanas RI di Istana Wakil Presiden, dirinya mengungkapkan bahwa “Sekarang proses Freeport contohnya, Freeport dalam proses perundingan, yang di mana kata menguasai tidak berarti memiliki. Tapi ada unsur memiliki dengan memperbesar saham pemerintah di lembaga itu,”

Namun ia juga melanjutkan bahwa jika sudah bisa menguasai sepenuhnya, maka negara harus memiliki skill hingga modal yang kuat untuk mengelola tambang Freeport,

“Berarti sudah menguasai dan memiliki tapi kita juga butuh skill, modal, pasar sehingga perlu kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang lebih kuat daripada perusahaan Indonesia,” imbuhnya.

Lanjut JK mengatakan, pada dasarnya semua negara tetap membutuhkan modal, pengalaman dan keahlian.

“Banyak pengalaman kita mengelola tambang kadang-kadang tidak efisien, jadi tergantung juga kontraknya, karena itu kontraknya selalu 20 tahun, 20 tahun diperpanjang lagi. Apabila tidak memenuhi syarat maka dihentikan,” tukasnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Rupiah Loyo, Amien Rais : "APBN Saya Kira Ambruk"

Rupiah Loyo, Amien Rais : “APBN Saya Kira Ambruk”

Jakarta – Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang terjadi belakangan ini menjadi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135