Home > Ragam Berita > Nasional > Konsorsium untuk Kembangkan Kapal Selam Mini Segera Dibentuk

Konsorsium untuk Kembangkan Kapal Selam Mini Segera Dibentuk

Jakarta – Indonesia akan membentuk konsorsium untuk mengembangkan kapal selam mini yang ditargetkan selesai pada 2025, kata Deputi Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi (BPPT) bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa, Wahyu W Pandoe

Konsorsium untuk Kembangkan Kapal Selam Mini Segera Dibentuk

“Saat ini konsorsium tersebut sedang dijajaki dan akan dibentuk dalam waktu dekat,” katanya di sela Seminar BPPT-Saab “Meraih Pertahanan yang Tangguh melalui Teknologi Pertahanan Bawah Air” di Jakarta, Selasa (28/8/2019).

Konsorsium yang akan melibatkan BPPT, TNI, PT PAL, ITS, ITB, PT Risea, dan lembaga lain itu akan mengembangkan industri pertahanan bawah laut guna membangun kemandirian bangsa.

Prototipe kapal selam mini tersebut rencananya dibangun dengan dimensi 32 meter x 3 meter yang mampu menyelam di kedalaman 150 meter di bawah laut selama 2-3 hari dengan kapasitas 11 awak.

Baca juga: SP-3 Habib Rizieq Mungkin Besar Tidak Dikabulkan

“Ini hanya sasaran antara, tujuan berikutnya adalah mengembangkan kapal selam ukuran besar jenis U209. Penguasaan teknologi bawah laut sangat penting untuk negara maritim sehingga harus dimulai dari sekarang,” kata Wahyu.

Untuk mengembangkan kapal selam ini, BPPT mulai menjajaki kerja sama dengan Saab, industri pertahanan Swedia yang bersedia melakukan alih teknologi pertahanan bawah air.(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Secara Khusus, Presiden Jokowi Ajak Zohri Berkeliling Istana Bogor

Secara Khusus, Presiden Jokowi Ajak Zohri Berkeliling Istana Bogor

Bogor – Baru-baru ini, juara dunia lari 100 meter, Lalu Muhammad Zohri mendapat kesempatan untuk ...