Home > Gaya Hidup > Begini Cara Memasak Sayuran Agar Vitamin Tidak Hilang

Begini Cara Memasak Sayuran Agar Vitamin Tidak Hilang

Jakarta – Sayuran merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun bila Anda salah dalam mengolahnya, maka vitamin dan mineral tersebut justru akan hilang sia-sia.

Begini Cara Memasak Sayuran Agar Vitamin Tidak Hilang

Lantas bagaimana cara mengolah sayuran yang tepat selain dikonsumsi mentah agar vitamin dan mineral di dalamnya tidak terbuang?

1. Bila Anda ingin memasaknya dengan cara dipanggang maka pilihlah terlebih dahulu jenis sayuran yang akan dipanggang. Pilihlah kentang, bawang atau tomat yang memiliki kandungan air yang tinggi agar tidak mudah kering saat dipanggang.
2. Lebih baik pilihlah cara mengolah sayuran dengan mengukusnya karena cara ini dapat mempertahankan kandungan gizi di dalamnya.
3. Bila Anda menggunakan panci presto, lebih jangan terlalu lama mengolahnya karena tekanan tinggi apada presto membuat sayuran cepat matang dan lembek.
4. Anda juga bisa memasak sayuran dengan tanpa menggunakan air. Metode ini baik untuk sayur-sayuran berdaun hijau dengan mengandalkan air yang menempel pada daun setelah sayuran dicuci.
5. Bila Anda ingin merebus sayuran, lebih baih rebuslah air terlebih dahulu. Bila air terlihat mulai mendidih baru tambahkan sayuran di dalamnya agar sayuran tidak terlalu lama direbus.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Jangan Panik, Video Cara Mengatasi Tabung Gas Elpiji Yang Bocor

Jangan Panik, Video Cara Mengatasi Tabung Gas Elpiji Yang Bocor

Jakarta – Salah satu pemicu kebakaran paling terkemuka di Indonesia ialah kebocoran selang tabung gas ...