Home > Olahraga > Apa Penyebab Kontingen Indonesia Gagal Penuhi Target di SEA Games 2017 ?

Apa Penyebab Kontingen Indonesia Gagal Penuhi Target di SEA Games 2017 ?

Jakarta – Kegagalan kontingen Indonesia di SEA Games 2017 menargetkan perolehan medali emas mendapat sorotan. Penyebab utama hal tererencanaan dan persiapan yang buruk.

Apa Penyebab Kontingen Indonesia Gagal Penuhi Target di SEA Games 2017 ?

SEA Games 2017

Jelang keberangkatan, kontingen Indonesia ditargetkan mendapatkan setidaknya 55 medali emas. Namun yang terjadi saat ini hanya 38 emas yang bisa dibawa pulang dari ajang dua tahunan tersebut.

Baca juga : Jadi Juara Lagi, Liliyana Natsir Ditawari Jadi PNS

Ketua Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia (APKORI), Djoko Pekik Irianto, menilai kegagalan ini dikarenakan buruknya strategi perencanaan yang dibangun. Mulai dari tak adanya skala prioritas hingga dana yang tersendat.

“Harusnya Satlak Prima punya strategi alternatif supaya mendorong cabor (cabang olahraga) potensi untuk menggantikan cabor unggulan kita yang hilang. Harus ada skala prioritas,” tutur Djoko kepada VIVA.co.id, Rabu (30/8/2017).

“Prioritas atlet yang potensi itu harus ada. Anggaran juga harus dilebihkan agar latihannya tidak konvensional. Jangan lagi para atlet dan pelatih memikirkan hal seperti itu (dana macet). Mereka harus berpikir bebas,” imbuhnya.

Djoko menambahkan, selama masa persiapan kontingen, Satlak Prima juga terlihat bekerja sendiri. Tidak ada kontrol terhadap program-program yang mereka buat, sehingga strategi yang diterapkan belum jitu.

Ditambah lagi, pada akhir-akhir keberangkatan kontingen muncul polemik akan adanya pemotongan kuota keberangkatan ofisial. Banyak cabor yang mengeluhkan kondisi tersebut.

Munculnya masalah itu tak lepas dari perubahan kebijakan Satlak Prima dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dari yang awalnya hanya atlet berpotensi emas yang berangkat, sampai akhirnya ditambah dengan potensi perak.

“Kajian tidak matang dari awal. Kalau ada pengiriman yang berangkat dengan dana sendiri itu sebenarnya saya tidak setuju. Ini urusan negara jadi semuanya harus difasilitasi,” ujar Djoko.

(Ikhsan Djuhandar – harinaindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Foto, Pemain Timnas U-22 Sempatkan Belanja Usai Dikalahkan Malaysia

Foto, Pemain Timnas U-22 Sempatkan Belanja Usai Dikalahkan Malaysia

Kuala Lumpur – Dalam ajang SEA Games 2017 kemarin Indonesia telah gagal melawan tuan rumah ...