Home > Ragam Berita > Banyak Warga Yang Ingin Menyentuh Jubah Emas Raja Kanoman

Banyak Warga Yang Ingin Menyentuh Jubah Emas Raja Kanoman

Cirebon – Berbagai tradisi digelar dalam perayaan Idul Adha yang jatuh pada Jumat (1/9/2017), termasuk oleh keluarga Keraton Kanoman di Cirebon. Usai menggelar salat Idul Adha di Komplek Pemakaman Sunan Gunung Jati, warga mengantre untuk bersalaman dengan Patih Keraton Kanoman Pangeran Patih Raja Mochammad Qodiran.

Banyak Warga Yang Ingin Menyentuh Jubah Emas Raja Kanoman

Raja Kanoman

“Biar berkah dan selalu lancar menjalani kehidupan,” kata Nyai, salah seorang warga Bekasi yang rela berebut salam dengan keluarga Keraton Kanoman tersebut.

Baca juga : Sebuah Foto Hoax Memperparah Konflik Myanmar

Warga juga rela menunggu datangnya rombongan keluarga Keraton Kanoman sejak pukul 05.30 WIB. Mereka rela mengantri demi mendapatkan posisi paling depan dalam kegiatan Gerebeg Agung itu.

Mereka meyakini, apapun yang dikenakan oleh keluarga Keraton Kanoman memiliki berkah dan doa. Tidak sedikit warga mengulurkan tangannya hanya untuk bersalaman dan menyentuh kain yang dikenakan raja.

“Sentuh kain kemudian diusapkan ke muka saya dan anak saya agar kelak menjadi pribadi yang baik seperti beliau (Raja Kanoman),” ujar dia.

Komplek pemakaman Sunan Gunung Jati semakin padat ketika rombongan keluarga Kanoman datang. Bersama-sama mengikuti Solat Ied kemudian disambung dengan tradisi sungkeman dan ramah tamah.

Satu per satu keluarga dan abdi dalem keraton menyalami raja yang mengenakan jubah kebesaran Keraton Kanoman berwarna emas. Usai menggelar sungkem, keluarga Keraton Kanoman berziarah ke makam leluhur dan para raja di puncak Gunung Sembung yang merupakan kompleks makam Sunan Gunung Jati.

Ratusan warga yang sudah berkumpul di depan pintu utama kompleks makam melemparkan kembang dan uang ke arah pintu. Tidak sedikit warga berebut memegang pintu makam.

“Saya senang bisa pegang pintu makam semoga barokah dan semakin diberi kelancaran dalam hidup,” ujar Nyai.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Sebut Empat Nama Cawapres, Siapa Saja?

Jokowi Sebut Empat Nama Cawapres, Siapa Saja?

Jakarta – Hingga saat ini, Jokowi dan partai pengusungnya belum juga mengumumkan secara resmi siapa ...