Home > Ragam Berita > Pemerintah RI Berikan Bergai Bantaun Untuk Para Pengungsi Rohingya

Pemerintah RI Berikan Bergai Bantaun Untuk Para Pengungsi Rohingya

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam kekerasan yang melanda etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar. Indonesia telah mengirimkan berbagai bantuan untuk membantu para pengungsi Rohingya.

Pemerintah RI Berikan Bergai Bantaun Untuk Para Pengungsi Rohingya

Para pengungsi Rohingya

“Pemerintah telah mengirim bantuan makanan dan obat-obatan, di bulan Januari dan Februari sebanyak 10 kontainer,” ujar Jokowi dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Minggu (3/7/2017).

Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan bantuan lainnya. Seperti membangun sekolah sampai rumah sakit.

“Juga telah membangun sekolah di Rakhine State dan juga segera akan membangun rumah sakit yang dimulai Oktober yang akan datang di Rakhine State,” terang Jokowi.

“Indonesia juga telah menampung pengungsi dan memberikan bantuan yang terbaik. Kita harapkan minggu ini akan kirim lagi bantuan makanan dan obat-obatan,” imbuhnya.

Dalam krisis kemanusiaan di Rakhine, Myanmar, lebih dari 2.600 rumah dibakar habis. Militer Myanmar menyalahkan militan lokal Rohingya atas pembakaran itu, namun organisasi HAM internasional menuding militer Myanmar yang bertanggung jawab.

Sejauh ini, badan pengungsi PBB UNHCR melaporkan, sekitar 58.600 warga Rohingya melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh, demi menghindari konflik yang kembali pecah di wilayah Rakhine, sejak pekan lalu. Namun dilaporkan tidak semuanya berhasil masuk ke wilayah Bangladesh.

Konflik tersebut dipicu bentrokan antara militer Myanmar dengan militan lokal yang disebut sebagai Pasukan Penyelamat Arakan Rohingya (ARSA). Kelompok itu mengklaim bertanggung jawab atas serangan terkoordinasi terhadap sejumlah pos keamanan Myanmar di Rakhine. (Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Fadli Zon Sebut Klaim Soal Yerusalem Hanya Upaya Trump Untuk Tetap Bertahan di AS

Fadli Zon Sebut Klaim Soal Yerusalem Hanya Upaya Trump Untuk Tetap Bertahan di AS

Jakarta – Kegaduhan yang timbul akibat pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem ...