Home > Teknologi > Internet > Viral, Sudah Tergeletak, Kuda Delman Ini Tetap Dicambuk

Viral, Sudah Tergeletak, Kuda Delman Ini Tetap Dicambuk

Jakarta – Media sosial baru-baru ini tengah digemparkan dengan adanya sebuah video yang memperlihatan kuda delman yang tetap dicambuk meski sudah kelelahan hingga terjatuh. Video tersebut langsung menuai beragam kecaman dari banyak pihak.

Viral, Sudah Tergeletak, Kuda Delman Ini Tetap Dicambuk

Viral, Sudah Tergeletak, Kuda Delman Ini Tetap Dicambuk

Peristwa tersebut diketahui terjadi di Depok. Video yang berdurasi sekitar 1 menit itu memperlihatkan seekor kuda yang menarik delman di jalan yang sempit. Dia terkapar di jalan karena kelelahan.

Meski begitu, sang pemilik tetap menarik dan mencambuk kuda tersebut berkali-kali. Pria lain yang melihat kejadian tersebut sudah memperingatkan kepada sang pemilik bahwa kudanya sudah mengalami kelelahan.

“Tahan dulu, tahan dulu. Ngedrop dia,” ucap pria tersebut.

Baca juga : Netizen Unggah Ceramah Bernada Provokatif Saat Idul Adha

Peringatan tersebut akhirnya didengarkan. Namun ketika ada yang ingin memberikan minum pada si kuda, pemiliknya langsung melarangnya. Bahkan ada sekelompok pria lain yang tetap menarik si kuda hingga berdiri.

Tahukah kamu bahwa kuda binatang yang sangat kuat, dan bahkan bisa tidur dalam kondisi berdiri karena memiliki tulang kaki yg mengunci. Apa yg sedang terjadi apabila kuda sampai terjatuh? Sama halnya seperti manusia, sekuat apapun apabila dipaksa kelelahan bisa saja sakit, pingsan dan terjatuh. Kemungkinan besar kuda ini tak hanya sedang lelah tapi juga sedang sakit. Seharusnya pemiliknya memperhatikan kebutuhan si kuda, masa udah dibantu cari duit, tp dipiaranya ga baik? Kita ini manusia bukan? Hal-hal seperti ini yang membuat kami mendesak pemerintah untuk merevisi uu perlindungan satwa. Agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi. Pelaku penyiksaan, penelantaran pada hewan dapat terkena sanksi keras. #Repost @infia_fact (@get_repost) ・・・ Karena kelelahan dan lemah, kuda yang dipakai untuk delman ini tiduran dan tidak bersedia melanjutkan perjalanan. Namun, sang kusir terlihat memecut kudanya agar segera berdiri untuk melanjutkan perjalanan. . Warta yang melihat pun menyarankan kepada sang kusir untuk segera istirahat, namun justru tidak digubris. Bahkan, warga yang akan memberi minum dilarang oleh sang kusir. Kejadian ini sendiri terjadi di Citayam, Depok, Jawa Barat. . Kasihan kudanya..🐴🐴 Video: Facebook/Eris Riswandi

A post shared by GardaSatwaIndonesia (@gardasatwaindonesia) on

Perlakuan sang pemilik terhadap kuda delman nya ini menuai kecaman dari beragam pihak, termasuk dari pemerhati satwa.

Salah satunya dari Garda Satwa Idonesia yang mengingatkan bahwa penyiksaan ke hewan dapat berujung pada sanksi yang keras. Ada pula kecaman dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN) dimana pihaknya sudah berusaha keras untuk mengedukasi kusir delman namun sayangnya peristiwa yang seperti di video tersebut masih saja terus terjadi.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Video Kampret Durhaka Grup Qasidah Putri Mendadak Heboh di Sosmed

Video Kampret Durhaka Grup Qasidah Putri Mendadak Heboh di Sosmed

Jakarta – Sebuah video grup qasidah putri telah membuat geger dunia maya dan membuat netizen ...