Home > Ragam Berita > Nasional > Aksi Bela Rohingya, FPI Bakal Kepung Borobudur ?

Aksi Bela Rohingya, FPI Bakal Kepung Borobudur ?

Jakarta – Ketua Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Klaten Suyadi Al Abu Fatih membenarkan akan ada kabar aksi bela Rohingya di kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (8/9/2017).

Aksi Bela Rohingya, FPI Bakal Kepung Borobudur ?

Candi Borobudur

“Memang benar ada informasi itu. Sementara ini ada beberapa pihak yang mengklaim (sebagai inisiator aksi bela Rohingya di Borobudur), biar saja. Kalau dari FPI baru akan membahas hal itu dalam rapat di DPD Jawa Tengah nanti malam,” kata Suyadi, Senin (4/9/2017).

Baca juga : Presiden Jokowi Tugaskan Menlu Retno Untuk Menjalin Komunikasi Terkait Pengungsi Rohingya

Berdasarkan dari pantauan, kabar ihwal aksi bela Rohingya di Borobudur beredar di sejumlah grup WhatsApp, sejak Ahad lalu. Dalam pesan berantai itu tercantum nama 107 organisasi dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang akan mengikuti kegiatan tersebut. Salah satunya adalah Laskar Islam Klaten, himpunan sejumlah organisasi Islam di Klaten termasuk FPI.

Berkaitan dengan aksi bela Rohingya di Borobudur, Suyadi mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan rapat di DPD FPI Jawa Tengah pada Senin malam. Jika DPD memberi izin, FPI Klaten akan turut dalam kegiatan tersebut dengan membawa nama organisasi.

“Kalau secara pribadi kami siap berangkat,” kata Suyadi. Jika DPW FPI Jawa Tengah tidak memberi izin, Suyadi berujar, dia tetap akan berangkat ke Borobudur sebagai individu alias tidak mengatasnamakan FPI dan tidak mengenakan atribut FPI. “Yang jelas kami dari Klaten akan all out. Tapi berapa jumlah massa yang akan berangkat, saya sulit menjawabnya. Itu sudah ranahnya Allah yang memanggil,” ujar Suyadi.

Sekretaris PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Achmad Muchlis, belum bisa dikonfirmasi berkaitan dengan rencana aksi bela Rohingya di Borobudur. Meski nomor telepon selulernya aktif, Muchlis belum menjawab saat beberapa kali dihubungi. Pertanyaan Tempo via pesan singkat dan WhatsApp juga belum dibalas hingga siang ini. (Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Kalah di Pengadilan Tinggi Melawan Fahri Hamzah, PKS Harus Bayar Rp 30 Miliar

Kalah di Pengadilan Tinggi Melawan Fahri Hamzah, PKS Harus Bayar Rp 30 Miliar

Jakarta – Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta memenangkan pihak Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang ...