Home > Ragam Berita > Internasional > Korsel Lakukan Latihan Simulasi Punggye-ri

Korsel Lakukan Latihan Simulasi Punggye-ri

Seoul – Militer Korea Selatan telah melakukan latihan simulasi sebuah serangan ke lokasi uji coba nuklir Korea Utara, Punggye-ri, sehari setelah rezim Kim Jong-un mengadakan uji coba nuklir keenam dan terbesar.

Korsel Lakukan Latihan Simulasi Punggye-ri

Sebagaimana diberitakan The Guardian pada Senin (5/9/2017), latihan ini melibatkan penembakan rudal balistik Hyunmoo serta jet tempur F-15K dan pasukan di lapangan di lokasi yang tidak diketahui di pantai timurnya.

Latihan itu dilakukan setelah Seoul siap untuk menyetujui analisis dampak lingkungan dari sistem pertahanan rudal Amerika Serikat atau THAAD yang kontroversial.

Korea Utara mengumumkan keberhasilan menggelar uji coba bom hidrogen pada Ahad tengah hari waktu setempat. Uji coba ini semakin mendekatkan tujuan Korea Utara untuk mencapai tujuannya terkait rudal balistik antarbenua.

Stasiun televisi resmi Korea Utara mengabarkan bahwa negara yang dipimpin Kim Jong-un itu telah berhasil membuat bom H (hidrogen) yang dapat dimasukkan ke dalam rudal balistik antarbenua.

Baca juga: Presiden Swiss Tegaskan Siap Kerahkan Pasukan ke Zona Demarkasi

Bom H merupakan senjata nuklir terkuat dan lebih mematikan yang pernah diciptakan. Bom hidrogen ini memiliki hasil yang yang jauh lebih besar dibanding dari senjata tradisional. Artinya, perangkat bisa lebih kecil namun memberikan efek kehancuran yang lebih besar.
Kekuatan ledakan belum dapat dipastikan. Namun, berdasarkan guncangan seismik yang ditimbulkan, NORSAR-kelompok dari Norwegia yang memantau uji coba nuklir-menilai uji coba kali ini menghasilkan daya ledak sekitar 120 kiloton TNT.

Angka ini delapan kali lipat dari bom atom dashyat yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang, pada Perang Dunia II, yang berdaya ledak 15 kiloton TNT. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Presiden Jokowi Tugaskan Menlu Retno Untuk Menjalin Komunikasi Terkait Pengungsi Rohingya

Presiden Jokowi Tugaskan Menlu Retno Untuk Menjalin Komunikasi Terkait Pengungsi Rohingya

Jakarta – Presiden Joko Widodo dalam jumpa persnya pada Minggu (3/9/2017) malam di Istana Negara ...