Home > Ragam Berita > Internasional > James Mattis : AS Tegaskan Mempunyai Kemampuan Pertahankan Diri

James Mattis : AS Tegaskan Mempunyai Kemampuan Pertahankan Diri

Washington – Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis mengungkapkan, ancaman Korea Utara terhadap Amerika Serikat dan negara koalisinya akan berujung pada pembalasan militer besar-besaran.

James Mattis : AS Tegaskan Mempunyai Kemampuan Pertahankan Diri

Pernyataan Mattis dikeluarkan setelah Departemen Pertahanan melaksanakan rapat dengan Presiden Donald Trump, terkait uji coba nuklir yang dilakukan negara komunis itu.

Pyongyang mengklaim berhasil melakukan uji coba bom hidrogen yang bisa dipasangkan ke rudal jarak jauh. Aksi itu menuai kecaman dunia internasional. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang telah menjatuhkan berbagai sanksi kepada Korut, menggelar sidang darurat Dewan Keamanan PBB atas permintaan sejumlah negara, menyangkut peristiwa ini.

Saat berbicara di luar Gedung Putih, James Mattis menegaskan, AS mempunyai kemampuan untuk mempertahankan diri, termasuk negara-negara koalisinya, yakni Korea Selatan dan Jepang.

Mattis menambahkan, komitmen kerja sama dengan negara-negara tersebut sangat kuat. “Ancaman apapun terhadap AS dan teritorinya, termasuk Guam, atau negara koalisi kami, akan berhadap-hadapan dengan belasan militer secara besar-besaran,” katanya.

“Respons yang tidak hanya efektif tetapi juga akan membuat kewalahan,” katanya.

Baca juga: Korsel Lakukan Latihan Simulasi Punggye-ri

Meskipun demikian, dia masih mengharapkan Korut mau menghentikan program nuklirnya. “Karena kami tentu saja tidak mengharapkan pemustahan total sebuah negara bernama Korea Utara,” cetus Mattis.

Sidang darurat Dewan Keamanan PBB, dilaksanakan pada Senin (4/9/2017) akan mendiskusikan reaksi dunia internasional terhadap aksi Korea Utara.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump telah mengungkapkan, AS kemungkinan akan menghentikan hubungan dagang dengan negara-negara yang menjalin kerja sama ekonomi dengan Korut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kim Jong-un Layangkan Surat kepada Donald Trump Perihal Kedua Negara

Kim Jong-un Layangkan Surat kepada Donald Trump Perihal Kedua Negara

Pyongyang – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengirim surat untuk Presiden Amerika Serikat (AS) ...