Home > Teknologi > Xiaomi Mi A1 Resmi Rilis di India

Xiaomi Mi A1 Resmi Rilis di India

Jakarta – New Delhi, India, Xiaomi merilis smartphone terbarunya Xiaomi Mi A1, Selasa (5/9/2017). Ini adalah smartphone mid-range yang berkolaborasi dengan Google untuk memperkenalkan kembali Android One.

Xiaomi Mi A1 Resmi Rilis di India

Xiaomi Mi A1

Berikut berbagai aspek dan keunggulan yang diusung Xiaomi Mi A1.

Baca juga : Benarkah iPhone 8 Bakal Gunakan Layar 6 Inci ?

Android One adalah rangkaian smartphone dengan harga hemat, yang ditujukan untuk pasar negara berkembang. Smartphone ini menjalankan Android murni yang didesain, dipasarkan serta didukung Google. Sedangkan hardwarenya ditangani oleh produsen hardware asli atau OEM.

Dalam hal ini, Xiaomi memproduksi sekedar hardwarenya saja. Ini adalah kali pertama Google bekerja sama dengan nama besar, karena sebelumnya Android One bekerja sama dengan nama-nama kurang terkenal seperti micromax, Spice, serta Nexian.

Xiaomi pun untuk Mi A1 mengusung tagling berupa “Created by Xiaomi, Powered by Google.”

Jadi sudah bisa dipastikan bahwa Mi A1 akan mengusung versi bersih dari Android, tak seperti Android lainnya yang mengusung MIUI yang membuat pengguna cukup banyak menemui bloat.

Smartphone ini sudah memakai Android Nougat sejak keluar dari kotak dan akan segera mendapat update Oreo di akhir tahun nanti. Bahkan, menurut Xiaomi, perangkat ini akan jadi yang pertama mendapat update Android P di tahun depan karena berpartner dengan Google.

Ada beberapa fitur MIUI yang tetap dipasang di Mi A1, seperti aplikasi kamera khas Xiaomi. Meski demikian, aplikasi kamera tersebut tetap terhubungan dengan Google Photos.

Desain dan hardware

Selesai soal software, mari kita berbicara soal desain dan hardware yang diunggulkan oleh Mi A1. Secara desain, perangkat ini cukup mirip dengan Mi 5x, namun mengusung bodi logam dengan anti ‘ceplakan’ sidik jari.

Dari segi dapur pacu, terdapat prosesor Qualcomm Snapdragon 625 octa-core dipadu dengan RAM 4GB. Mi A1 mengusung baterai dengan kapasitas 3.080mAh.

Kamera

Kamera adalah aspek paling diunggulkan dari Mi A1, terlihat dari salah satu tagline dari Mi A1, “Flagship dual camera.”

Sebenarnya dual kamera ini merupakan komposisi yang sama seperti Mi 6, flagship dari Xiaomi. Dual kamera ini mengusung 12 MP lensa standar dan 12 MP lensa telephoto.

Terlihat mirip dengan konfigurasi dari iPhone 7 Plus, Xiaomi justru membuatnya sebagai materi promo, mengklaim bahwa dual kamera mereka lebih baik ketimbang iPhone 7 Plus.

Ketersediaan dan harga

Mi A1 akan mulai dijual di India pada 12 September. Di Indonesia, nampaknya Mi A1 juga akan dijual, mengingat akun Twitter resmi Xiaomi Indonesia juga ikut meramaikan acara peluncuran Mi A1. Namun belum ada kabar pasti soal ini.

Untuk harga, di India Mi A1 dibanderol dengan harga 14.999 Rupee, atau setara dengan 3,1 juta Rupiah. (Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Suzuki Ecstar Nilai Kegagalan Musim Ini sebagai Investasi

Hamamatsu – Bos Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, meyakini kurang apiknya performa mereka pada musim ...