Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Sindir Lulusan IPB Yang Memilih Kerja di Bank

Jokowi Sindir Lulusan IPB Yang Memilih Kerja di Bank

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo mengkritik kecenderungan lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) lantaran banyak yang bekerja di bidang bukan keahlian akademik mereka setelah menyelesaikan pendidikannya.

Jokowi Sindir Lulusan IPB Yang Memilih Kerja di Bank

Presiden Joko Widodo

Padahal, menurut Jokowi, keahlian mereka di bidang pertanian sangat dibutuhkan di Indonesia yang merupakan negara agraris.

Baca juga : Puji Jokowi, Politisi Gerindra : “Saya Bicara Fakta”

“Maaf Pak Rektor, mahasiswa IPB (setelah lulus) banyak yang kerja di bank. Direktur BUMN, banyak dari IPB. Terus, yang jadi petani siapa?,” ujar Jokowi dalam Dies Natalis IPB ke-54 di Kampus IPB Bogor Jawa Barat, Rabu, 6 September 2017.

Jokowi mencontohkan bidang agrobisnis yang menurutnya belum memiliki peran signifikan untuk memajukan perekonomian. Selain itu, industri pupuk dan benih juga dinilai belum optimal menyokong bidang pertanian.

Paradigma budaya pertanian menggunakan lahan (on farm) juga dinilai harus diubah mengingat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian.

Jokowi meminta mahasiswa IPB lebih tertarik untuk memajukan bidang pertanian Indonesia ketimbang bekerja di sektor yang tidak sepenuhnya berhubungan dengan keahlian mereka usai lulus nanti.

“Karena inilah kunci bagaimana nilai tukar petani itu bisa bertambah. Siapa yang bisa menyiapkan aplikasi (teknologi informasi) modern, manajemen penggilingan padi yang modern selain saudara-saudara semuanya?” ujar Jokowi.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi : Pembebasan Lahan Menjadi Kendala Utama Pembangunan

Jokowi : Pembebasan Lahan Menjadi Kendala Utama Pembangunan

Jakarta – Presiden Joko Widodo menyatakan, telah mendapatkan kunci utama penghambat pembangunan tol. Berdasarkan hasil ...