Home > Gaya Hidup > Ini Dia 10 Manfaat Bila Membaca Buku Setiap Hari

Ini Dia 10 Manfaat Bila Membaca Buku Setiap Hari

Jakarta – Membaca buku atau majalah tidak hanya bermanfaat untuk menambah ilmu dan wawasan, namun juga bisa memberikan banyak manfaat lainnya.

Ini Dia 10 Manfaat Bila Membaca Buku Setiap Hari

Bila Anda menjadi salah satu orang yang tidak terbiasa membaca setiap hari, maka Anda akan kehilangan manfaat-manfaat itu.

Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari kebiasaan membaca:

1. Mencegah Alzheimer dan Demensia
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kebiasaan membaca setiap hari dapat mencegah Alzheimer dan Demensia, karena otak tetap terjaga dan aktif saat membaca.

2. Mengurangi Stres
Cerita novel atau artikel yang menarik dapat mengalihkan perhatian dari rutinitas yang membosankan dan membuat stress.

3. Sumber Pengetahuan
Dengan membaca maka anda akan mendapatkan banyak informasi baru yang mungkin nantinya dapat berguna di masa yang akan datang.

4. Memperbanyak Kosakata
Mereka yang banyak membaca akan mampu berbicara dengan baik karena setiap harinya makin banyak kosa kata yang dikuasai dari cerita atau artikel yang ia baca.

5. Memperbaiki Memori
Kebiasaan membacadapat menempa memori otak dan memperkuat ingatan yang sudah ada. Hal ini membantu menyegarkan memori jangka pendek serta menstabilkan suasana hati.

6. Lebih Terampil Menganalisa
Membaca cerita novel, apalagi kisah misteri, melatih otak kita untuk mencatat setiap urutan cerita, menganalisa, dan mengungkapkan kesimpulannya.

7. Meningkatkan Konsentrasi
Ketika Anda membaca sebuah buku, semua perhatian Anda terfokus pada cerita, dan Anda dapat melibatkan diri Anda dalam setiap detail yang Anda rasakan. Cobalah membaca selama 15 sampai 20 menit sebelum bekerja, Anda akan terkejut melihat betapa Anda lebih fokus begitu Anda sampai di kantor.

8. Meningkatkan Keterampilan Menulis
Keterampilan menulis dapat meningkat dengan membaca karya orang lain, bagaimana gaya bahasa dan penulisan tersebut dapat menginspirasi Anda.

9. Lebih Tenang
Membaca buku yang berkaitan dengan hal spiritual terbukti dapat menurunkan tekanan darah, serta menimbulkan rasa tenang dan damai.

10. Mendapatkan Hiburan
Pergilah ke perpustakaan dimana di sana banyak sekali buku-buku yang menyenangkan yang sesuai dengan keinginan Anda. Selain menambah wawasan, membaca di perpustakaan bisa menjadi hiburan tersendiri yang murah, bahkan gratis.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Ternyata Tangan Bisa Jelaskan Kondisi Kesehatan

Cara Mudah Mendeteksi Penyakit Dengan Melihat Kondisi Tangan

Jakarta – Mengetahui adanya penyakit sejak dini akan mempermudah seseorang untuk mengobati penyakitnya, dibandingkan bila ...