Home > Ragam Berita > Nasional > Aturan Kepemilikan Garasi Mobil Akan Libatkan RT/RW

Aturan Kepemilikan Garasi Mobil Akan Libatkan RT/RW

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai menerapkan kepemilikan garasi bagi warga yang mempunyai kendaraan agar tidak parkir di pinggir jalan.

Aturan Kepemilikan Garasi Mobil Akan Libatkan RT/RW

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, pihaknya akan mulai melakukan penindakan terkait parkir ini mulai Oktober 2017 mendatang.

Saat dihubungi, pihak Kelurahan Jati dan Kelurahan Cipinang mengaku siap dengan aturan baru tersebut, dimana pihak kelurahan akan bekerja sama dengan RT/RW setempat guna kelancaran pengurusan surat pengantar kepemilikan garasi.

“Memang segala macem perizinan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), tapi dari analisis saya memang diawali dengan pengantar RT/RW, karena yang benar-benar tahu di lapangan. Jadi kelurahan tidak perlu survey lagi, karena tenaga kami di sini terbatas,” ujar Nugroho M Bawono, Lurah Jati, Jumat (8/9/2017).

Hal senada juga disampaikan oleh Lurah Cipinang, Wahyudi, dimana setelah mengantongi surat pengantar dari RT/RW, warga kemudian mendapatkan PM1 (surat pengantar/surat keterangan) dari PTSP.

“Jadi PM1 itu berdasarkan surat RT/RW, di mana berisi keterangan kalau si pemohon memang memiliki garasi, jadi penguatannya itu dari pihak RT/RW. Kami sudah siap jika sudah ada masyarakat yang meminta surat pengantar itu,” kata Wahyudi.

“Bisa juga nanti PTSP yang melakukan cek fisik, sama juga dengan domisili, nanti mereka akan mendatangi. Karena khawatirnya kemungkinan ada kebohongan kalau tidak cek fisik, atau punya garasi yang hanya cukup satu mobil tapi mau nambah lagi, padahal itu tidak boleh dan berpotensi parkir di jalanan umum,” tambah Wahyudi.

Namun demikian menurut Wahyudi, langkah ini juga harus sejalan dengan pihak yang menerbitkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Karena jangan sampai ujung-ujungnya STNK tetap dikeluarkan meskipun pemohon tidak mempunyai garasi.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Video, Teriak Ahok Bangsat, Pria Ini Bubarkan Kebaktian di Rusun

Video, Teriak Ahok Bangsat, Pria Ini Bubarkan Kebaktian di Rusun

Jakarta – Aksi beringas kembali tertangkap kamera yakni seorang pria yang menenteng gergaji besi dan ...