Home > Ragam Berita > Internasional > Halimah Menjadi Presiden Perempuan Muslim Pertama di Singapura

Halimah Menjadi Presiden Perempuan Muslim Pertama di Singapura

Singapura – Sebuah sejarah baru di Singapura telah terukir pada hari senin (11/09/2017) kemarin. Pasalnya Singapura kini memiliki seorang presiden perempuan pertama kalinya yang bernama Halimah Yacob.

Halimah Menjadi Presiden Perempuan Muslim Pertama di Singapura

Halimah Yacob

Dilansir dari laporan The Straits Times, kemenangan Halimah ini dapat dipastikan setelah dirinya menjadi satu-satunya bakal Presiden yang berhasil lolos dari seleksi Komite Pemilihan Presiden. Dua bakal calon lain, yaitu pengusaha Farid Khan dan Salleh Marican gagal memenuhi kriteria yang ditetapkan untuk menjadi calon resmi.

Pilpres Singapura yang dijadwalkan akan digelar pada hari sabtu (23/09/2017) pagi sepertinya tidak perlu diselenggarakan lagi. Dengan adanya Halimah yang menjadi satu-satunya bakal capres yang dapat berlaga, maka dapat dipastikan bahwa dirinya menang dengan walkover di hari nominasi yang ajan digelar pada hari rabu (13/09/2017) malam.

Untuk menjadi capres Singapura sangat tidak mudah. Ada segudang kriteria yang harus dipenuhi dengan sistem seleksi yang sangat ketat.

Baca juga : Hampir Pasti, Singapura Akan Punya Presiden Wanita Pertama

Misalnya saja untuk pejabat publik seperti Halimah, dirinya harus memenuhi salah satu syaratnya yaitu telah memiliki sejumlah posisi penting politik selama sekurang-kurangnya 3 tahun lamanya. Halimah sendiri telah menjabat sebagai Ketua DPR Singapura selama 4 tahun dari tahun 2013 hingga tahun 2017.

Posisi Presiden Singapura adalah sebuah seremonial namun posisinya jauh lebih kuat dari presiden seremonial di negara lain. Presiden Singapura memiliki hak veto terhadap simpanan keuangan negara dan anggaran negara, penunjukan pejabat publik seperti Ketua Mahkamah Agung (MA), Jaksa Agung, Panglima Angkatan Bersenjata dan Kepala Staf Tiga Angkatan.

Selain itu, Presiden juga dapat memveto Rancangan Undang-Undang (RUU) yang diajukan oleh parlemen.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tidak diperbolehkan masuk ke Amerika Serikat oleh US ...