Home > Ragam Berita > Nasional > BNN : “Obat PCC Bukanlah Narkoba”

BNN : “Obat PCC Bukanlah Narkoba”

Kendari – Deputi Penindakan dan Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari akhirnya angkat suara dengan mengatakan bahwa “Obat yang dikonsumsi itu PCC, singkatan paracetamol, caffein dan carisoprodol,”

BNN : "Obat PCC Bukanlah Narkoba"

Selain itu Arman juga menjelaskan, PCC kerap digunakan sebagai penghilang rasa sakit, salah satunya adalah untuk obat sakit jantung. Namun obat ini harus dikonsumsi berdasarkan resep dokter.

“Tentu ini tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan harus dengan izin atau resep dokter tapi ternyata ini beredar dengan bebas bahkan dijual kepada anak anak sekolah dengan harga per 20 biji 25.000. Ini sedang kita kembangkan,” ujar Arman

“Flakka sendiri sangat berbeda dengan kandungan zat atau obat obat yang sekarang dikonsumsi yang terkandung dalam obat atau pil PCC yang digunakan anak sekolah di Kendari,” ujar Arman.

“Nah kalau dilihat kegunaannya ini tentu bisa kita simpulkan kalau ini obat keras, obat yang tidak boleh bebas beredar,” ujarnya.

Namun saat ini pihaknya belum dapat memastikan, apakah obat yang dikonsumsi anak-anak di Kendari tersebut murni PCC atau mengandung campuran lain. BNN berkoordinasi dengan BPOM untuk mendeteksi apa saja kandungan dalam pil berbahaya tersebut.

“Ini menjadi perhatian kita karena korbanya anak anak di bawah umur,” tuturnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi : Pembebasan Lahan Menjadi Kendala Utama Pembangunan

Jokowi : Pembebasan Lahan Menjadi Kendala Utama Pembangunan

Jakarta – Presiden Joko Widodo menyatakan, telah mendapatkan kunci utama penghambat pembangunan tol. Berdasarkan hasil ...