Home > Ragam Berita > Nasional > Anjing Liar Menyerang, Ternak Warga di Malang Menjadi Mangsa

Anjing Liar Menyerang, Ternak Warga di Malang Menjadi Mangsa

Malang – Diduga karena diserang oleh hewan buas yang akhirnya membuat sebanyak 25 ekor kambing kibas milik warga di Malang, Jawa Timur, mati dalam tiga hari berturut-turut.

Anjing Liar Menyerang, Ternak Warga di Malang Menjadi Mangsa

Walaupun sempat ada perdebatan mengenai penyebab kematiannya, namun kemungkinan besar memang dikarenakan serangan hewan buas lantaran ditubuh mereka terdapat luka.

Rosek Nursahid selaku Ketua Protection of Forest and Fauna (Profauna) mengatakan bahwa “Karena makanan yang biasanya ada di ladang atau hutan berkurang, sehingga mereka masuk kampung dan menyerang kambing,”

Sedangkan hal senada juga diungkapkan Bambang Catur Nusantara selaku Dewan Nasional Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) yang mana dirinya juga menilai bahwa luka pada kambing harus diteliti untuk mengetahui jejak hewan buas yang memangsa. Selain itu, lokasi kandang kambing itu juga harus dilihat untuk mencari jejak hewan buas yang tersisa.

“Mesti dicek juga jenis hewan predator yang biasanya bisa diduga dari bentuk luka hewan yang dimangsa, faeses atau kotoran bekas pemangsa, jejak pemangsa dan bukti lainnya,” tuturnya.

“Harus dilihat lebih spesifik kawasannya karena bisa jadi ada perubahan kawasan sehingga jumlah mangsa tidak lagi mencukupi kebutuhan hewan predator,” katanya.

Seperti yang telah diketahui sejak Rabu lalu kambing-kambing ternak warga di Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang dan Kelurahan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, ditemukan mati.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi : Pembebasan Lahan Menjadi Kendala Utama Pembangunan

Jokowi : Pembebasan Lahan Menjadi Kendala Utama Pembangunan

Jakarta – Presiden Joko Widodo menyatakan, telah mendapatkan kunci utama penghambat pembangunan tol. Berdasarkan hasil ...