Home > Ragam Berita > Nasional > Djarot Imbau Minta Dinas Lingkungan Hidup Ciduk Pembuang Sampah ke Kali

Djarot Imbau Minta Dinas Lingkungan Hidup Ciduk Pembuang Sampah ke Kali

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk lebih gencar melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terkait masyarakat yang membuang sampah di kali Ibu Kota.

Djarot Imbau Minta Dinas Lingkungan Hidup Ciduk Pembuang Sampah ke Kali

“Saya sampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup OTT itu galakkan lagi. Langsung diproses dan berikan sanksi sosial kepada yang bersangkutan bukan hanya bentuk denda, tetapi juga sanksi sosial,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017).

Sanksi sosial, lanjut dia, seperti memfoto oknum yang membuang sampah di kali. Lalu, dibuat ke dalam bentuk besar dalam bentuk spanduk dan ditaruh di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

“Difoto. Foto kemudian dipampang, dibikinin spanduk. Dibikin spanduk lalu ditunjukkan kepada masyarakat. Bisa spanduk dipasang, kita punya RPTRA. Jangan dicontoh perilaku buruk,” tuturnya.

Menurutnya, menjaga lingkungan di wilayah Ibu Kota merupakan tanggung jawab bersama. Djarot mengatakan, menjaga kebersihan lingkungan tak hanya menjadi pekerjaan seorang PHL dan PPSU.

“Supaya kita sama-sama menjaga lingkungan kita masing-masing. Setiap hari petugas kita, PHL kita, PPSU kita, itu mulai pagi sudah membersihkan,” imbuhnya.

Baca juga: Lulung Imbau Pemprov Segera Tutup Karaoke Diamond

Mantan wagub DKI itu menambahkan, bila wajah kali di Ibu Kota semakin bersih maka pekerjaan PHL dan PPSU akan bisa dialihkan ke penataan kota.

“Misalnya, menata trotoar yang rumpang ataupun membersihkan tanaman yang rawan. Jadi kami bisa berikan tugas tambahan,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ketua Setara Minta Jokowi Berhati-hati Pada Maunuver Panglima TNI

Ketua Setara Minta Jokowi Berhati-hati Pada Manuver Panglima TNI

Jakarta – Merebaknya isu mengenai pembelian 5.000 senjata yang disampaikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, ...