Home > Ragam Berita > Nasional > Tertangkap OTT, Eddy Rumpoko Diduga Terima Setengah Miliar

Tertangkap OTT, Eddy Rumpoko Diduga Terima Setengah Miliar

Jakarta – Setelah tertangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko diduga menerima suap Rp 500 juta dari pengusaha bernama Filipus Djap.

Tertangkap OTT, Eddy Rumpoko Diduga Terima Setengah Miliar

Filipus Djap selaku Direktur PT Dailbana Prima diduga ikut terkait proyek belanja modal dan mesin pengadaan meubelair di Pemkot Batu tahun anggaran 2017 senilai Rp 5,26 miliar, yang dimenangkan PT Dailbana Prima.

Saat konferensi pers di gedung KPK, Syarif berkata “Diduga pemberian uang terkait fee 10 persen untuk wali kota dari proyek,”

Sedangkan Edi Setyawan yang tak lain adalah Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Pemkot Batu juga ikut terseret dengan dugaan menerima Rp 100 juta dari Filipus. Pemberian untuk Edi Setyawan diduga karena yang bersangkutan merupakan panitia pengadaan pada proyek tersebut.

“Rp 100 juta diberikan ke EDS sebagai fee pengadaan,” ujar Syarif.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan ketiganya sebagai tersangka. Eddy dan Edi sebagai pihak yang diduga penerima, disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Filipus sebagai pihak yang diduga pemberi disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayar (1) huruf b atau Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 ju 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Ini Sanksi Yang Diterima RS Mitra Keluarga Kalideres dari Dinas Kesehatan DKI

Ini Sanksi Yang Diterima RS Mitra Keluarga Kalideres dari Dinas Kesehatan DKI

Jakarta – Setelah melakukan audit manajemen terhadap RS Mitra Keluarga Kalideres terkait kematian bayi Debora ...