Home > Teknologi > Sains > Hasil Studi Menyebutkan Lelaki Botak Lebih Dominan dan Percaya Diri

Hasil Studi Menyebutkan Lelaki Botak Lebih Dominan dan Percaya Diri

Jakarta – Rambut rontok yang kemudian berakibat kebotakan merupakan momok tersendiri bagi setiap orang, termasuk kaum pria. Sehingga tidak heran bila menurut The Gurdian, pria di seluruh dunia menghabiskan dana sebesar Rp 27 triliun untuk mencegah dan melawan tanda-tanda kebotakan.

Hasil Studi Menyebutkan Lelaki Botak Lebih Dominan dan Percaya Diri

Namun demikian, sebuah studi terbaru yang berkaitan dengan kebotakan mungkin dapat menjadi dorongan semangat bagi para pria yang mulai mengalami kebotakan.

Studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Pennsylvania, Amerika Serikat baru-baru ini mengungkapkan bahwa pria berkepala botak dipandang lebih dominan, lebih percaya diri, dan lebih keren.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science ini didapat dari tiga buah eksperimen.

Yang pertama, peneliti meminta 59 mahasiswa melihat foto 25 lelaki, yang 10 di antaranya berkepala botak. Semua foto pria yang ditunjukkan tidak memiliki jenggot dan kumis, serta berlatar belakang warna hitam.

Hasil eksperimen pertama ini menyimpulkan bahwa pria berkepala botak dinilai lebih dominan dan lebih ramah dibandingkan dengan pria yang memiliki rambut.

Pada eksperimen kedua melibatkan 344 responden dimana 177 di antaranya merupakan perempuan. Semua responden diminta melihat foto empat orang laki-laki berkepala plontos dan foto empat orang laki-laki yang sama namun sudah diedit sehingga memiliki rambut.

Dari penilaian responden, pria yang tidak memiliki rambut dinilai lebih maskulin, lebih percaya diri, dan lebih dominan. Responden juga melihat, lelaki berkepala botak memiliki tinggi badan 1 inci lebih tinggi dari keyataannya.

Sedangkan pada eksperimen ketiga dilakukan dengan melibatkan 552 responden, dimana 279 di antaranya adalah perempuan. Mereka diminta untuk membayangkan tokoh fiktif bernama John dalam dua versi, yakni botak dan berambut.

Hasilnya, responden menilai John yang berkepala botak terlihat lebih maskulin, kuat, dan dominan dibanding John yang memiliki rambut.

Dari hasil penelitian ini, para ahli yang terlibat menyarankan agar para pria yang rambutnya mulai rontok, tidak perlu khawatir karena pria berkepala plontos dinilai lebih dominan, maskulin, dan lebih percaya diri.

“Ketimbang menghabiskan miliaran dolar setiap tahun untuk mengobati kerontokan rambut, studi ini mengajurkan agar lelaki yang mengalami kerontokan rambut untuk mencukur habis rambut mereka,” tulis para peneliti.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Viral, Foto Bayi Manusia dengan Singa Betina Ini Katanya Bukan Editan, Percaya ?

Viral, Foto Bayi Manusia dengan Singa Betina Ini Katanya Bukan Editan, Percaya ?

Jakarta – Sebuah akun di media sosial Facebook telah mengunggah dan menyebarkan beberapa foto yang ...