Home > Ragam Berita > Nasional > Buya Syafii Ragukan Kebangkitan PKI di Indonesia

Buya Syafii Ragukan Kebangkitan PKI di Indonesia

Jakarta – Isu kebangkitan PKI akhir-akhir ini membuat Ahmad Syfaii Maarif (Buya Syafii) ikut angkat bicara dengan mengatakan bahwa dirinya yakin PKI tidak akan bangkit lagi. Sebab, secara konstitusi partai ini sudah dilarang di Indonesia dan paham komunis juga tidak laku di era sekarang.

Buya Syafii Ragukan Kebangkitan PKI di Indonesia

Ia juga mengomentari perihal bentrok yang terjadi di kantor YLBHI Jakarta pada Sabtu lalu. Buya menilai bahwa rusuh tersebut merupakan bagian dari kontroversi isu PKI tersebut.

Saat ditemui di Masjid Nogotirto, dirinya berujar “Selama otak pelakunya belum terungkap, terus ada kontroversi. Saya enggak percaya PKI bangkit lagi,”

Ironisnya, isu kebangkitan PKI itu kerap didengungkan saban September atau menjelang peringatan terbunuhnya tujuh jenderal yang dikenang dengan sebutan Pahlawan Revolusi pada 30 September 1965. Bahkan isu tersebut kerap dimanfaatkan kelompok-kelompok tertentu untuk kepentingan politik tertentu.

“Bisa saja dimanfaatkan, tapi kan enggak benar. Kalau jadi pragmatisme politik, sejarah itu mutunya enggak baik,” kata Buya Syafii. Buya Syafii menyebut ormas perusak kantor YLBHI merupakan polisi swasta. “Mereka kan takut PKI bangkit lagi. Mungkin itu dipakai kelompok-kelompok politisi untuk menyerang, menyerbu.”

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Usai Pelantikan Anies-Sandi, Jokowi dan Prabowo Tertawa Bareng

Usai Pelantikan Anies-Sandi, Jokowi dan Prabowo Tertawa Bareng

Jakarta – Acara pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...