Home > Ragam Berita > Nasional > Kehakiman Amerika Serikat Selidiki Dugaan Suap Uber Kepada Aparat Kepolisian di Indonesia

Kehakiman Amerika Serikat Selidiki Dugaan Suap Uber Kepada Aparat Kepolisian di Indonesia

Jakarta – Bisnis transportasi online Uber tengah disorot di negara asalnya, Amerika Serikat,lantaran adanya laporan dugaan pelanggaran undang-undang anti korupsi di beberapa negara, termasuk di Indonesia.

Kehakiman Amerika Serikat Selidiki Dugaan Suap Uber Kepada Aparat Kepolisian di Indonesia

Dilaporkan oleh Bloomberg, Departemen Kehakiman AS sedang menyelidiki dugaan penyuapan Uber kepada aparat kepolisian di Indonesia terkait adanya bukti pembayaran tak lazim yang dilakukan Uber tahun lalu.

Sebelumnya, kepolisian Indonesia menjelaskan kepada Uber bahwa kantor mereka terletak di wilayah yang seharusnya tidak diperbolehkan Uber beroperasi di sana, namun kemudian seorang karyawan Uber kemudian beberapa kali mengirim uang kepada polisi agar Uber dapat terus beroperasi di kantor tersebut.

Transaksi ini ternyata muncul dalam laporan pengeluaran, termasuk rincian besar dana yang dikeluarkan untuk aparat.

Direktur bisnis Uber di Indonesia Alan Jiang, yang menyetujui laporan pengeluaran itu, kemudian mengundurkan diri dari Uber. Pihak Uber Indonesia sendiri berjanji akan merilis keterangan terkait kasus ini.

Pada Agustus lalu, perusahaan transportasi online yang berbasis di San Francisco ini mengaku tengah berkoordinasi dengan Departemen Kehakiman AS terkait dugaan penyuapan kepada pejabat asing.

Kasus dugaan korupsi Uber di luar negeri ini juga sedang diselidiki di Malaysia, Korea Selatan, dan China.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Usai Pelantikan Anies-Sandi, Jokowi dan Prabowo Tertawa Bareng

Usai Pelantikan Anies-Sandi, Jokowi dan Prabowo Tertawa Bareng

Jakarta – Acara pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...