Home > Gaya Hidup > Tips > Wanita Sering Terkena Mag Mengapa ?

Wanita Sering Terkena Mag Mengapa ?

Jakarta – Dibandingkan dengan pria, wanita memang lebih rentan terkena sakit lambung atau gangguan pencernaan. Hal ini bukan karena wanita lebih lemah.

Wanita Sering Terkena Mag Mengapa ?

Wanita Sering Terkena Mag Mengapa ?

Adapun dari hasil penelitian sejumlah ahli diketahui wanita lebih berisiko sakit lambung lantaran lebih mudah terkena stress, menjalani diet salah, dan memiliki pola makan yang tidak teratur. Padahal ketiganya merupakan faktor utama penyebab sakit lambung seperti maag.

Spesialis penyakit dalam dr Budi Widodo mengungkapkan, perempuan memang mempunyai faktor risiko yang lebih besar untuk terjangkit mag. Hal itu dikarenakan perempuan kurang bisa memanajemen stresnya dengan baik.

Itulah yang membuat stres menjadi faktor dominan penyebab mag. ’’Laki-laki juga ada yang kena, tapi memang tidak sebanyak perempuan,’’ imbuhnya.

Baca juga : Mengapa Cowok Selalu Lirik Wanita Lain Padahal Punya Pacar ?

Karena stres, lanjut Budi, mengganggu sistem yang ada dalam tubuh. Termasuk lambung. Sehingga ketika perasaan seseorang tidak tenang seperti stress, asam lambung akan meningkat, salah satu akibatnya adalah mag.

Karena itu, sekarang ketika menerima pasien perempuan dengan diagnosis mag. Budi juga melakukan konseling terlebih dahulu, untuk mengetahui penyebab utama dari penyakit dalam lambung tersebut.

Bila penyebabnya memang stres, maka sekarang para internist (spesialis penyakit dalam) juga melakukan pengobatan terpadu bersama psikiatri. ’’Nanti darisana dikonseling manajemen stres, atau kalau ada masalah yang membuat stress ya diredam dulu,’’ ungkap penikmat kuliner bebek ini.

Budi juga menambahkan, bila dari akar penyebab mag sudah diobati, akan mengurangi faktor serangan ulang untuk kesekian kali. Karena menurutnya, pengobatan mag tidak akan maksimal bila tidak dirunut dulu apa penyebabnya. ’’Kalau sering kambuh, lebih baik dicari tau penyebabnya,’’ tambahnya.

Selain karena stress, Budi juga menemui pasien perempuan dengan diagnosis mag karena pola makan yang salah. Untuk pola makan yang salah, Budi mengimbau para perempuan supaya tidak mengkonsumsi sambal dan coklat dalam intensitas yang sangat sering.

Sebagai antisipasi dirasa perlu cerdas mengenali gejala sakit maag. Maag bisa dikenali dengan rasa sakit atau pedih di bagian ulu hati.

Rasa sakit bisa lebih sering muncul terutama setelah mengonsumsi makanan yang dapat memicu kenaikan asam lambung. Agar sakit lambung atau gangguan pencernaan tidak berkembang lebih parah dianjurkan pula untuk segera melakukan pengobatan tepat. Selain itu, hindari faktor penyebabnya guna membantu menekan risiko terkena sakit lambung atau gangguan pencernaan pada wanita.

(Siti Rahma – sisidunia.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wow, Potongan Berponi Ternyata Bisa Bikin Perempuan Tampak Muda

Wow, Potongan Berponi Ternyata Bisa Bikin Perempuan Tampak Muda

Jakarta – Ladies, tahukah anda, bahwa jenis potongan rambut, khususnya rambut berponi dapat membuat anda ...