Home > Ragam Berita > Nasional > Mahfud MD Sebut Sejumlah Aktivis 98 Kini Jadi Koruptor, Siapa Saja?

Mahfud MD Sebut Sejumlah Aktivis 98 Kini Jadi Koruptor, Siapa Saja?

Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dalam tweetnya menyebutkan bahwa sejumlah aktivis 98 yang dulunya terlibat dalam penggulingan Presiden Soeharto kini dipenjara karena kasus korupsi.

Mahfud MD Sebut Sejumlah Aktivis 98 Kini Jadi Koruptor, Siapa Saja?

Padahal seperti diketahui, alasan penurunan paksa Presiden Soeharto pada saat itu karena maraknya praktik korupsi yang dilakukan kroni-kroni Soeharto.

Saat dikonfirmasi pada Rabu (20/9/2017) petang, Mahfud MD menjelaskan, apa yang ia tulis pada akun Twitternya, @mahfudmd pada Senin (18/9/2017) itu tidak sdang menuduh atau menyindir siapapun.

“Saya nggak nyindir siapa pun. Sudah ada kan yang dipenjara di Sukamiskin, di Sidoarjo. Belum yang jadi ‘pasien’ bolak balik,” kata Mahfud.

Bahkan Mahfud MD juga menjelaskan, apa yang ia tulis tersebut bukanlah hal baru sebab dirinya juga pernah menyinggung hal ini pada salah satu makalah yang ia buat beberapa waktu lalu. Dalam makalah terebut, Mahfud MD menyebutkan, ada empat penyebab munculnya koruptor baru.

Pertama, Indonesia hanya memotong puncak gunung es dari perilaku korup. Yang kedua, banyak muncul pemain baru memanfaatkan kesempatan saat ia berkuasa dengan gentian melakukan korupsi. Ketiga, banyak pemain lama yang membubarkan diri dan bergabung dengan kekuatan baru untuk kembali melakukan korupsi. Dan yang terakhir, beberapa pemain lama mendirikan kekuatan baru atas nama reformasi untuk kembali melakukan korupsi.

“Saya bicara fakta,” kata Mahfud.

Cuitan Mahfud MD ini lantas mendapatkan respon dari Wakil Ketua DPR Fari Hamzah.

“Bagaimana bisa bikin kesimpulan dangkal begini, Prof? Serang idenya prof, jangan serang pribadi orang..” tulis Fahri di akun Twitter @fahrihamzah.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Alasan Pemutihan Sewa Rusun DKI Terhambat

Inilah Alasan Pemutihan Sewa Rusun DKI Terhambat

Jakarta – Upaya Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta melakukan pemutihan terhadap warga ...