Home > Ragam Berita > Internasional > India Tutup Pintu Untuk Pengungsi Rohingya

India Tutup Pintu Untuk Pengungsi Rohingya

Jakarta – Rajnath Singh selaku Menteri Perumahan India dengan tegas mengatakan bahwa Pemerintah India tidak akan menerima Muslim Rohingya karena menilai mereka bukan sebagai pengungsi.

India Tutup Pintu Untuk Pengungsi Rohingya

Kabar dari Gulf Friday menjelaskan bahwa Singh berkata “Kementerian Perumahan telah mengklarifikasi posisinya melalui afidavit (di Mahkamah Agung) bahwa mereka adalah imigran ilegal dan akan dideportasi. Etnis Rohingya bukanlah pengungsi, juga bukan pencari suaka,”

Ia juga menjelaskan penilaiannya bahwa ada prosedur tertentu untuk mendapatkan status pengungsi dan tidak satu orangpun dari etnis Rohingya menempuh prosedur itu. Singh pun meyakini, bahwa India tidak akan melangar hukum internasional apa pun dengan mendeportasi etnis Rohingya.

Kepala AIMIM Asaduddin Owaisi menilai, pernyataan Singh sebagai pernyataan yang tidak jujur. Padahal, meyoritas etnis Rohingya di India memiliki status pengungsi seperti yang diterbitkan oleh Badan Pengungsi PBB (UNHCR).

Pada 9 Agustus, Pemerintah India melaporkan kepada parlemen bahwa ada 14 ribu Rohingya yang tinggal di India terdaftar di UNHCR. Namun, lembaga bantuan internasional memperkirakan ada 40 ribu Rohingya di India. Pada awal bulan ini, Menteri Dalam Negeri India Kiren Rijiju menyatakan, pemerintah tengah mencari cara untuk mendeportasi Muslim Rohingya dari India.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Ribut Soal Yerusalem, Israel Lancarkan Serangan Ke Hamas

Ribut Soal Yerusalem, Israel Lancarkan Serangan Ke Hamas

Gaza – Dikala dunia matanya teralihkan oleh pernyataan Donald Trump mengenai Yerusalem, pada Sabtu dini ...