Home > Ragam Berita > Nasional > Ayah Tubagus Iman Ariyadi Juga Pernah Menjadi Tersangka KPK

Ayah Tubagus Iman Ariyadi Juga Pernah Menjadi Tersangka KPK

Cilegon – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan pada Jumat (22/9/2019). Salah satu diantara 10 orang yang diamankan KPK adalah Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi.

Ayah Tubagus Iman Ariyadi Juga Pernah Menjadi Tersangka KPK

“Di antaranya kepala daerah, pejabat dinas, dan swasta. Diindikasikan ada transaksi terkait denfan proses perizinan kawasan industri di salah satu kabupaten/kota di Banten,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Sabtu (23/9/2017).

Tubagus Iman Ariyadi telah dua periode menjabat sebagai Wali Kota Cilegon, yakni pada periode 2010-2015 dan 2015-2020.

Politisi Partai Golkar ini juga merupakan putra tdari mantan Wali Kota Cilegon sebelumnya, mendiang Aat Syafa’at.

Aat Syafa’at sendiri telah dua periode memimpin Cilegon, yakni pada 2000-2005 dan 2005-2010, sebelum kemudian Aat ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK pada tahun 2010.

KPK menetapkan tersangka pada Aat atas kasus korupsi pembangunan tiang pancang dermaga Pelabuhan Kubang Sari senilai Rp. 49,1 miliar.

Majelis Hakim Tipikor Pengadilan Negeri Serang kemudian menjatuhkan vonis penjara 3 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 400 juta subsider 3 bulan penjara dan uang pengganti Rp 7,5 miliar.

Menurut keterangan Febri Diansyah, kasus yang menjerat Tubagus Iman Ariyadi berkaitan dengan perizinan kawasan industri di wilayah Provinsi Banten.

“Sejauh ini diamankan sekitar 10 orang. Di antaranya kepala daerah, pejabat dinas dan swasta. Diindikasikan ada transaksi terkait dengan proses perizinan kawasan industri di salah satu kabupaten/kota di Banten. Ada uang ratusan juta yang diamankan sebagai barang bukti,” katanya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Kunjungan Ke Pekalongan, Hadiah Sepeda Dari Jokowi Ditolak Peserta Kuis

Kunjungan Ke Pekalongan, Hadiah Sepeda Dari Jokowi Ditolak Peserta Kuis

Pekalongan – Bukan hal baru bagi Presiden Jokowi jika sedang melakukan kunjungan selalu mengadakan kuis ...