Home > Ragam Berita > Nasional > Situs Ini Sebarkan Berita Hoax Lagi Tentang Myanmar

Situs Ini Sebarkan Berita Hoax Lagi Tentang Myanmar

Jakarta – Lagi-lagi berita hoax soal Myanmar kembali dengan mudahnya menyebar di dunia maya. Kali ini portal berita yang menyebarkan hal tersebut adalah seputar-indonesia.top.

Situs Ini Sebarkan Berita Hoax Lagi Tentang Myanmar

Kabar hoax tersebut berupa “Latihan gabungan pasukan angkatan laut Rusia-China menuai bencana. Salah satu rudal dari kapal perang China menghancurkan kuil Buddha di perbatasan Myanmar. 21 biksu tewas terpanggang.”

Dalam berita palsu itu, Vladimir Matveev selaku jubir armada pasifik Rusia mengatakan bahwa kesalahan prosedur peluncuran rudal hingga menghantam kuil Buddha tersebut merupakan dampak dari badai matahari yang mengganggu gelombang radio.

Dalam portal tersebut juga menyebutkan bahwa mereka mengutip pemberitaan dari Russia Today mengenai perkataan Matveev yaitu “Ini merupakan murni kecelakaan. Badai matahari membuat komunikasi antara kedua pihak menjadi terganggu,”

Sebenarnya memang ada latihan perang antara Rusia dan Tiongkok. Latihan tempur gabungan itu berlangsung di kawasan Pasifik sejak Senin pekan lalu. Latihan berlangsung di Laut Jepang dan Okhotsk.

Jika memperhatikan dari set halaman website dari Seputar-indonesia.top memang sengaja dibuat seolah-olah bagian dari MNC Group. Bahkan, mereka berani memasang header logo asli Seputar Indonesia.

Namun pihak MNC Group telah memberikan konfirmasi bahwa hal tersebut memang tak ada sangkut pautnya dengan mereka.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Ditunjuk Sebagai Ketua DPR Gantikan Setya Novanto, Aziz Syamsuddin Segera Dilantik

Ditunjuk Sebagai Ketua DPR Gantikan Setya Novanto, Aziz Syamsuddin Segera Dilantik

Jakarta – Ketua Badan Anggaran DPR Aziz Syamsuddin disebut akan segera dilantik sebagai Ketua DPR ...