Home > Ragam Berita > Nasional > Wapres JK Menyebut Terorisme Bisa Berkembang di Negara Gagal

Wapres JK Menyebut Terorisme Bisa Berkembang di Negara Gagal

Jakarta – Terorisme dinilai dapat tumbuh pada negara-negara gagal dikarenakan banyaknya pengangguran dan masyarakatnya merasa tidak punya harapan. Penilaian tersebut diutarakan oleh Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla (JK).

Wapres JK Menyebut Terorisme Bisa Berkembang di Negara Gagal

Ilustrasi

“Terorisme dan radikalisme datang dari negara-negara gagal karena mereka merasa tidak ada harapan. Begitu mudah dijanjikan masuk surga, mereka dengan senang hati melakukannya,” kata Jusuf Kalla di Amerika Serikat, Jumat (22/09/2017).

JK menjelaskan bahwa negara-negara gagal tersebut terjadi karena serbuan Amerika Serikat seperti yang terjadi di Irak, Syuriah, Lebanon, dan sebagainya. Kemunculan ISIS pun juga berasal dari negara-negara gagal tersebut.

JK mengatakan bahwa di Indonesia saat ini sudah dilakukan program de-radikalisasi terhadap lebih dari 10.000 mantan teroris yang ditahan di 72 penjara yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga : Pria Yang Bubarkan Ibadah Sekolah Minggu Tulis Surat Permintaan Maaf

“Tidak ada negara yang seperti Indonesia dengan jumlah penduduk nomor empat didunia dengan berbagai etnis, suku dan budaya serta tersebar dalam berbagai pulau namun tetap saling menghormati,” jelasnya.

Menurutnya hal itu dapat terjadi karena sudah sejak dahulu kala Indonesia hidup dalam harmoni bermasyarakat. Perbedaan agama di Indoneisa juga tidak menjadi sebuah permasalahan.

“Kami memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika, meski berbeda-beda tetapi tetap satu jua,” tegasnya.

JK mengakui bahwa di Indonesia juga terjadi beberapa konflik di beberapa wilayah. Akan tetapi konflik yang muncul bukan karena agama melainkan karenaadanya kesenjangan bahkan soal demokrasi dan politik.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...