Home > Ragam Berita > Nasional > Gunung Agung Masuk Fase Kritis, Puluhan Ribu Warga Telah Mengungsi

Gunung Agung Masuk Fase Kritis, Puluhan Ribu Warga Telah Mengungsi

Karangasem – Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, terus menunjukkan peningkatan aktivitasnya. Hal ini terlihat dengan makin seringnya terjadi gempa, baik itu gempa vulkanik dalam, gempa vulkanik dangkal, dan gempa tektonik lokal.

Gunung Agung Masuk Fase Kritis, Puluhan Ribu Warga Telah Mengungsi

Dari catatan yang didapatkan Pos Pengamatan Gunung Agung PVMBG, jumlah gempa vulkanik dalam 564 kali, gempa vulkanik dangkal 547 kali, dan gempa tektonik lokal 89 kali pada Senin (25/9/2017).

“Gunung Agung saat ini memasuki fase kritis. Meski sudah dinyatakan status Awas (level IV) sejak 22 September 2017, bukan jaminan akan pasti meletus. Tergantung pada kekuatan dorongan magma,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan persnya, Selasa (26/9/2017).

“Jika kekuatan dorongan besar dan mampu menjebol sumbat lava maka akan terjadi letusan. Peluang terjadi letusan cukup besar. Namun tidak dapat dipastikan kapan meletus. Sampai saat ini, Gunung Agung belum meletus,” tambahnya.

Terkait status ‘Awas’ tersebut, radius 9 kilometer dari puncak Gunung Agung, dan dan tambahan 12 kilometer di sektor utara-timur laut serta 12 kilometer di sektor tenggara-selatan-barat daya, harus dikosongkan.

“Zona tersebut harus dikosongkan,” tegas Sutopo.

Karena itu, hingga Selasa pagi (26/9/2017) jumlah pengungsi telah mencapai 57.428 jiwa di 357 titik yang tersebar di 9 kabupaten/kota di Bali.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...