Home > Ragam Berita > Nasional > Bila Dorongan Magma Kuat, Gunung Agung Kemungkinan Besar Meletus

Bila Dorongan Magma Kuat, Gunung Agung Kemungkinan Besar Meletus

Denpasar – Aktivitas Gunung Agung yang terletak di Bali semakin aktif dengan makin seringnya terjadi gempa yang tercatat oleh Pos Pengamatan Gunung Agung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Senin (25/9/2017) kemarin.

Bila Dorongan Magma Kuat, Gunung Agung Kemungkinan Besar Meletus

Makin seringnya terjadi gempa tersebut menunjukkan magma di dalam perut Gunung Agung terus bergerak menuju ke permukaan.

Gempa yang terjadi berupa gempa vulkanik dalam, gempa vulkanik dangkal, dan gempa tektonik lokal.

Dari catatan PVMBG, gempa vulkanik dalam terjadi sebanyak 564 kali, gempa vulkanik dangkal 547 kali, dan gempa tektonik lokal 89 kali.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Gunung Agung telah memasuki fase kritis, namun belum diketahui kapan akan meletus.

“Tergantung pada kekuatan dorongan magma. Jika kekuatan dorongan besar dan mampu menjebol sumbat lava maka akan terjadi letusan. Peluang terjadi letusan cukup besar. Namun tidak dapat dipastikam kapan meletus. Sampai saat ini belum meletus,” ujar Sutopo.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Lakukan Pemeriksaan Terkait Kasus Suap Jasa Marga

KPK Lakukan Pemeriksaan Terkait Kasus Suap Jasa Marga

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami substansi terkait proses dan mekanisme audit atau Pemeriksaan ...