Home > Ragam Berita > Nasional > Pemprov DKI Bakal Bangun 35 Pasar Bersubsidi

Pemprov DKI Bakal Bangun 35 Pasar Bersubsidi

Jakarta – Pasar Enjo, merupakan pasar rakyat ketiga yang direvitalisasi di tahun 2017 oleh PD. Pasar Jaya. Pasar tersebut beralamat di Jalan Pisangan Lama II Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Pemprov DKI Bakal Bangun 35 Pasar Bersubsidi

Direktur Utama PD. Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan peresmian pasar ketiga di tahun 2017 ini akan terus berlanjut secara estafet hingga 9 pasar di akhir tahun mendatang. Selama tahun 2017 ada 16 pasar yang direvitalisasi oleh PD Pasar Jaya.

Sedangkan pada awal 2018 ada sedikitnya 13 pasar yang akan dirampungkan revitalisasi, sehingga total ada 35 pasar bersubsidi di Jakarta pada tahun depan.

“Pembangunan pasar rakyat ini untuk menopang perekonomian pedagang kecil dan menengah, mereka tidak terbebani dengan biaya pembangunan, sehingga harapan kita pasar bisa ramai dan diminati konsumen,” ujarnya.

Untuk diketahui, ke-35 pasar itu disubsidi pemerintah karena bertipe C, yakni berada di lingkungan penduduk. Dan pedagang dibebaskan dari uang sewa kios selama maksimal lima tahun dengan hanya membayar uang retribusi sekitar Rp150.000-Rp200.000 per bulan.

Baca juga: Gatot Nurmantyo : Prajurit TNI Tidak Perlu Takut Bela NKRI

Arief menambahkan pembenahan pasar rakyat terus dilakukan secara bertahap di seluruh wilayah DKI Jakarta. Dengan pembenahan yang dilakukan tersebut diharapkan pasar tradisional dapat tetap berjalan maksimal karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk bertransaksi jual beli.

“Pasar Enjo yang diresmikan berada di luas lahan 8.119 meter persegi dengan luas bangunan 6.485 meter persegi,” jelas dia.

Adapun menurutnya kompleks pasar tersebut mampu menampung sebanyak 940 tempat usaha dari 398 pedagang. “Untuk biaya pembangunan pasar ini sendiri berasal dari penyertaan modal daerah yang dikucurkan tahun 2014 lalu, kita akan upayakan percepatan pembangunan seluruh pasar yang ada,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pemprov DKI Diimbau Berikan Penjelasan Terkait Penaikan NJOP PBB-P2

Pemprov DKI Diimbau Berikan Penjelasan Terkait Penaikan NJOP PBB-P2

Jakarta – Anggota Komisi C DPRD DKI Ruslan Amsyari meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) menjelaskan penaikan ...