Home > Ragam Berita > Internasional > Pengungsi Rohingya Berada Dalam Ancaman Wabah Penyakit

Pengungsi Rohingya Berada Dalam Ancaman Wabah Penyakit

Jakarta – Kesulitan mendapatkan air minum dan sarana kebersihan membuat para pengungsi Rohingya di Bangladesh terancam terkena wabah penyakit seperti kolera, tuberculosis (TB), dan penyakit HIV.

Pengungsi Rohingya Berada Dalam Ancaman Wabah Penyakit

Karena kondisi itu, tim medis Dompet Dhuafa bersama relawan kemanusiaan yang tergabung di Indonesia Humanitarian Allaiance (IHA) terjun langsung dengan melakukan Aksi Layan Sehat Darurat.

Bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga, kemudian Dompet Dhuafa memberikan pelayanan kesehatan pada pengungsi Rohingya di Coxs Bazar, Bangladesh. Pelayanan mulai dibuka pukul 15.00 waktu setempat dengan jumlah tim medis delapan orang yang terdiri dari empat dokter dan empat perawat.

Tim melayani puluhan pasien pengungsi Rohingya dengan mayoritas penyakit infeksi saluran penapasan dan penyakit kulit, serta penyakit diare dan mata. Mayoritas pasien adalah anak-anak balita dengan status kurang gizi.

Dr Rosita Rivai selaku Aktivis kemanusiaan Dompet Dhuafa mengatakan “Hal yang mengejutkan terjadi ada beberapa temuan-temuan penyakit yang terindikasi akan menjangkiti para pengungsi Rohingya,”

Rosita menambahkan, Ibu dan anak paling rawan terkena penyakit lantaran banyaknya jumlah pengungsi yang melahirkan di kamp-kamp pengungsian. “Maka hal tersebut harus ditangani secepat mungkin agar tidak mudah langsung terjangkit penyakit,” kata Rosita.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rusia Sindir Perseteruan Trump dan Kim Jong-Un

Rusia Sindir Perseteruan Trump dan Kim Jong-Un

Jakarta – Sergei Lavrov selaku MenLu Rusia akhirnya ikut berkomentar dengan mengatakan bahwa perang kata ...