Home > Ragam Berita > Nasional > SMRC : “Isu Kebangkitan PKI Hasil Mobilisasi Opini”

SMRC : “Isu Kebangkitan PKI Hasil Mobilisasi Opini”

Jakarta – Masih marak tentang hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang memperlihatkan hanya 12,6 persen responden mengakui adanya kebangkitan PKI, sebagian responden tersebut terdiri dari mayoritas anak muda.

SMRC : "Isu Kebangkitan PKI Hasil Mobilisasi Opini"

Pada golongan responden berusia di bawah 21 tahun, terdapat 25 persen yang setuju PKI bangkit kembali. Jumlah tersebut bagian dari 4,6 persen responden usia di bawah 21 tahun yang diwawancarai. Kemudian dari kelompok usia 22-25 tahun, terdapat sekitar 17 persen yang setuju dari total 6,4 persen responden yang diwawancarai.

Sedangkan menariknya, dari kelompok usia 26-40 tahun, perbandingannya semakin menurun. Dari total 34,9 responden yang diwawancara, hanya 13 persen yang menyatakan setuju. Demikian juga dari kelompok usia 41-55 tahun, hanya 12 persen yang setuju dari total 34 persen yang diwawancara.

Sementara responden yang berusia di atas 55 tahun hanya 9 persen yang percaya dari total 20,1 persen yang dimintai pendapatnya.

Karena hasil ini, Sirojudin Abbas selaku peneliti mengatakan “Harusnya yang lebih tahu bahwa sekarang sedang terjadi kebagkitan PKI lebih banyak dari kalangan warga yang lebih senior,”

Tentu saja responden yang paling dekat masanya dengan kehadiran PKI di pentas politik nasional adalah pihak senior. Yang tak lain antara 1945 hingga 1965, dibanding warga yang lebih junior, yang merupakan produk masa reformasi.

“Ini menunjukkan bahwa opini kebangkitan PKI di masyarakat tidak terjadi secara alamiah. Melainkan hasil mobilisasi opini kekuatan politik tertentu, terutama pendukung Prabowo, mesin politik PKS dan Gerindra.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Polemik Sampah DKI, Anies Diminta Tak Pikirkan Becak Saja

Polemik Sampah DKI, Anies Diminta Tak Pikirkan Becak Saja

Jakarta – Fraksi Hanura DKI Jakarta kali ini komentari Wakil Wali Kota Bekasi yang membandingkan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135